Mahasiswa Kedokteran UI Raih Penghargaan "Best Poster"

Madhyra Tri Indraswari 
Beji, Depok Terkini

Mahasiswa Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Madhyra Tri Indraswari meraih penghargaan “Best Poster” atas dua karya ilmiah yang dipresentasikannya pada ajang Brazilian International Congress of Medical Students (BRAINCOMS) 2017 pada 19-21 Oktober 2017.

Kedua karya ilmiah tersebut meliputi penelitian terkait "Pemberian stem cell terhadap pembuluh darah normal" dan "Perbandingan teknik operasi besar dengan teknik laparascopy pasca pengangkatan colorectal cancer". Madhyra menjadi perwakilan Indonesia untuk berkompetisi dengan lebih dari 200 peserta yang berasal dari 23 negara di seluruh dunia.

Pada ajang ini, Madhyra mempresentasikan dua buah poster ilmiahnya yang dilombakan dalam bidang Surgery dan Clinical. Poster bidang Surgery berjudul Comparison of Laparoscopic Versus Open Hartmann’s Reversal Procedure: A Systematic Review and Meta-analysis dan poster yang
dilombakan pada bidang Clinical mengambil judul A Randomized Controlled Trial : Effect of Bone Marrow Mesenchymal Stem Cell to Normal Arterial Wall in Normotensive Rats.

Dr. Rifelly Dewi Astuti, SE, MM selaku Kepala Humas dan KIP UI menjelaskan Penelitian yang dibimbing oleh dosen dari FKUI Dr. dr. Setyo Widi Nugroho, SpBS(K) ini menemukan fakta bahwa pemberian stem cell cenderung aman untuk pembuluh darah, namun tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut dikarenakan terdapat pembuluh darah yang menunjukkan penebalan.

Dikatakannya, Ajang Braincoms 2017 merupakan salah satu kongres internasional mahasiswa kedokteran terbesar di Amerika Latin. Kegiatan yang mengambil tema Creativity Enriching Medicine ini diselenggarakan sebagai wadah bagi mahasiswa kedokteran internasional untuk bertemu dan
mempresentasikan hasil riset mereka, mengikuti workshop yang dibuat dengan menarik, serta mengikuti kuliah inti dari narasumber-narasumber ternama dalam bidang riset kedokteran.

Diharapkan keikutsertaan mahasiswa UI pada ajang kongres internasional ini dapat membuka wawasan dlan meningkatkan pengetahuan akademik serta menjadi bekal yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan di tanah air. Pencapaian mahasiswa FKUI yang membanggakan ini diharapkan pula dapat menjadi motivasi bagi sivitas akademika FKUI dan FK perguruan tinggi
lainnya di Indonesia untuk berani mencoba mengikuti kongres internasional dan mengharumkan pendidikan nasional Indonesia dengan karya-karya yang terus inovatif dan solutif bagi permasalahan bangsa.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar