Pemkot Tangerang Teken Kerjasma dengan BPPT

Pemkota Tangerang dan BPPT menandatangani MoU

Kota Tangerang, Depok Terkini

Pemkot Tangerang melibatkan berbagai pihak untuk mengatasi persoalan kota yang  sedang dihadapi utamanya kemacetan dan banjir serta lingkungan dengan menandatangani Mou kemitraan bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Penandatangan MoU kemitraan dilakukan usai apel pagi, Senin (16/10) oleh Walikota Tangerang, H Arief R Wismansyah dengan pihak BPPT yang diwakili oleh Deputi Bidang Pengembangan Teknologi SDA, Professor Wimpie Agoeng Noegroho Aspar, PhD.

Menurut Walikota, bersamaan dengan momentum berkembangnya Kota Tangerang, dibutuhkan sinergitas dari semua pihak termasuk BPPT untuk dapat memberikan solusi bagi penanganan persoalan perkotaan yang ujung-ujungnya juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Jadi teman-teman dari Dinas PUPR membangun kerjasama dengan BPPT karena memang di sana banyak teknologi yang bisa kita aplikasikan dalam kebutuhan pembangunan kota Tangerang," ujarnya.

Kepala Dinas PUPR dan SDA Kota Tangerang, Nana Trisyana mengatakan, terkait penggunaan teknologi penelitian struktur tanah dengan Geolistrik untuk mendapatkan profil lapisan tanah dasar (sub bottom profile) sangat membantu dalam proses investigasi tanah pada pembangunan jembatan.

Jadi sebelum kita melakukan pembangunan jembatan terlebih dahulu kita lakukan pengeboran di satu titik untuk menginvestigasi struktur tanah sehingga bisa meminimalisir terjadinya longsor atau amblas. 

"Ini cocok untuk dilakukan pada daerah dimana struktur tanah yang di dominasi oleh lapisan aluvial tebal  (lempung) seperti di wilayah  Kecamatan Priuk, Kawasan Kali Ledug maupun pada sepanjang aliran sungai Cisadane," jelasnya.

Sementara itu, Prof Wimpie menyampaikan bahwa MoU ini baru merupakan langkah awal selanjutnya akan diadakan tindak lanjut yang sifatnya lebih tehnis.” Ini merupakan langkah awal dan aka nada detailnya ,” tuturnya. (sul)

Posting Komentar

0 Komentar