STQ Ke 48 Menuju Juara Umum MTQ Banten

Bupati Tangerang memberikan arahan kepada peserta STQ
Kabupaten Tangerang, Depok Terkini
            
Bupati Tangerng, Zaki Iskandar membuka Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke 48 Tingkat Kabupaten Tangerang di Gedung Serba Guna (GSG) Puspemkab Tangerang, Kamis (23/11). STQ kali ini dalam rangka mempersiapkan untuk menuju juara umum STQ tingkat Provinsi Banten.
            
“Berharap diadakannya STQ Ke-48 ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat untuk terus mensyiarkan Agama Islam, dan tentunya target untuk meraih Juara Umum MTQ di Tingkat Provinsi Banten karena Kabupaten Tangerang sudah bersabar dan mengalah untuk adik kita Kota Tangerang Selatan,” pesan Bupati saat membuka STQ ke-48.
            
Menuruit Bupati, kegiatan lomba atau musabaqah dalam membaca, menulis, menghafal dan menafsirkan Al-Qur'an merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahun. Selain sebagai salah satu peneguhan syiar Islam juga dapat menjadi barometer untuk mengukur hasil kegiatan pembelajaran Al-Qur'an di masyarakat. Apabila kita mampu menyelenggarakan kegiatan pembelajaran Al-Qur'an di wilayah masing-masing, berarti  telah dapat melakukan pengkaderan qori dan qoriah yang berprestasi secara mandiri.
            
"Para kafilah peserta STQ masing-masngi Kecamatan agar dapat manfaatkan kesempatan yang baik ini, dan berharap faktor juara menjadi tujuan utama dan akhirnya merekrut peserta yang bukan dari kecamatannya masing-masing,” tegasnya.
            
Sementara itu, Ketua Umum LPTQ Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid mengatakan, MTQ tingkat Kabupaten Tangerang kali ini berubah menjadi Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) dikarenakan tidak bisa dalam setahun 2 kali mengadakan acara MTQ. MTQ sebelumnya sudah di selenggarakan dan mendapatkan hasil, tinggal di evaluasi pada ajang STQ ini untuk ke Tingkat Provinsi Banten.
            
Sebagai tuan rumah STQ Ke-48 adalah Kecamatan Tigaraksa dilaksanakan mulai hari ini 23-26 November di Komplek Pemda Kabupaten Tangerang. Peserta STQ  sebanyak 393 terdiri dari 3 cabang yakni,  Cabang Tilawah 166 peserta, Cabang Hifzhil Qur'an (MHQ) 211 peserta, dan Cabang Tafsir Bahasa Arab 16 peserta. Lokasi STQ di 6 arena yaitu Masjid Agung Al-Amjad, Masjid Jami Al-Huda, Mushola Nurul Iman, Masjid Al-Muhdi, Masjid Agung Al-Amjad, dan Kantor Kemenag Kabupaten Tangerang. (sul)

Posting Komentar

0 Komentar