Budidaya Ikan Lele Ala Kodim 0508/Depok

Wawali Pradi Supriatna saat memberi makan ikan lele
Pancoran Mas, Depok Terkini

Budi daya ikan lele tidak memerlukan kolam khusus. Ternak lele dapat dilakukan di lahan sempit atau terbatas seperti yang dilakukan Kodim 0508/Depok.

Area Kodim 0508/Depok yang tidak begitu luas dimanfaatkan Dandim 0508/Depok Letkol Inf Iskandarmanto untuk budidaya ikan lele dan tanaman hidroponik. Lahan kosong yang berada dibelakang Makodim Depok kini telah dibangun tiga buah kolam ikan berbentuk tong dan berisi sekitar 5000 bibit ikan lele. Selain itu, ada juga bangunan kaca untuk tanaman hidroponik.

"Pembuatan tiga buah kolam ikan hanya untuk menghilangkan kepenatan atau lelah setelah bekerja sehari-hari. Saya kalau capek dan lelah langsung ke kolam untuk memberikan makan ikan lele. Ini sebagai mainan dan hiburan juga,"tandas Iskandar saat mendampingi Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna meninjau kolam ikan di area Makodim Depok, Jum'at (19/01).

Sementara itu, Pradi Supriatna menilai apa yang dilakukan Kodim 0508/Depok bisa dijadikan contoh bagi masyarakat di Kota Depok. Menurutnya, tidak punya lahan luas atau pekarangan bukan berarti tidak dapat membuahkan hasil. Jika memang memiliki kemauan dan keinginan untuk memanfaatkan keterbatasan lahan dengan ditanami sayuran, buah hingga ternak lele pasti menghasilkan.

"Buktinya lahan yang tidak begitu luas di area Kodim Depok dimanfaatkan untuk budidaya ikan lele dan tanaman hidroponik. Hasilnya tentu dapat menambah ekonomi keluarga," tandas Pradi.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar