Ini Dia, Doktor UI Penemu Bahan Penghilang Bau Mulut

Dr. Asni Amin, M.Farm., Apt
Beji, Depok Terkini

Bau mulut merupakan masalah umum tetapi tidak bisa dianggap remeh. Untuk mengatasi permasalah bau mulut, Dr. Asni Amin, M.Farm., Apt, doktor Fakultas Farmasi Universitas Indonesia berhasil menemukan bahan penghilang bau mulut dengan ekstrak Buah kepel (Stelechocarpus burahol).

Menurut Asni, selama ini telah banyak digunakan masyarakat untuk alternatif penghilang bau mulut, seperti penggunaan daun sirih, teh, cengkeh, dan kemangi. Namun, salah satu bahan alternatif penghilang bau mulut yang belum banyak dibahas dalam dunia kesehatan Indonesia, adalah kandungan senyawa dalam buah kepel.

"Buah kepel adalah salah satu jenis buah langka Indonesia dan sampai saat ini belum dibudayakan. Namun, manfaat buah ini telah lama dikenal kalangan keraton Yogyakarta dan Surakarta sebagai deodoran, pengharum napas, dan pengharum air seni," ujar Asni dalam disertasinya pada sidang promosi doktor di Ruang Sidang Gedung Profesi & Pascasarjana Fakultas Farmasi UI, Depok, Kamis (11/1/2018)

Lebih lanjut Asni menjelaskan, dari hasil penelitian terbukti ekstrak buah kepel memiliki manfaat antibakteri penyebab bau mulut dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri P. gingivalis dan F. nucleatum.

Selain itu, ekstrak buah kepel juga dapat menyerap bau mulut dengan menurunkan nilai metil merkaptan dan dimetil sulfida. Berdasarkan data bioaktivitas, buah kepel juga memiliki aktivitas antioksidan serta dapat memperbaiki kualitas sperma pada objek kelinci.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar