Tim UI Peduli Bantu Asmat

Tim UI Peduli siap memberikan bantuan ke Kabupaten Asmat
Beji, Depok Terkini

Universitas Indonesia (UI) mengirimkan tim bantuan UI Peduli ke Kabupaten Asmat, Papua untuk melakukan aksi pengabdian masyarakat sejak 16-22 Februari 2018.

“Ini upaya respon cepat dari kami terhadap permasalahan di Papua dan juga sebagai pendekatan multidisiplin serta merumuskan solusi jangka menengah dan panjang untuk permasalahan Papua,” ujar Prof. Heri Hermansyah, Direktur DRPM UI, Jum'at (16/02/2018)

Tim dokter yang dikirim terdiri dari spesialis anak, dokter umum, ahli gizi, dan tenaga biomedik. Ikatan Alumni Fakultas Teknik UI juga memberikan bantuan berupa Tabung Listrik (TaLis) untuk membantu distribusi listrik ke daerah-daerah Papua.

Tim juga melakukan proses rapid assestment yaitu  pemetaan permasalahan di suatu daerah melalui proses survei lapangan, wawancara, dan angket. “Ke depannya kami berencana menerapkan program Desa Binaan di sana, kami juga berusaha mengirimkan dokter-dokter dan tenaga kesehatan untuk melakukan kegiatan magang ke daerah Papua,” tambah Prof. Heri.

Selain itu, tim juga akan melakukan pelayanan kesehatan dan gizi serta menyalurkan bantuan logistik berupa makanan dan obat-obatan. Dalam melakukan kegiatan ini, tim UI melakukan kerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) setempat dalam hal distribusi logistik, akomodasi, transportasi, dan pengamanan.

Rektor UI,  Prof. Muhammad Anis mengatakan UI Peduli adalah  bentuk pengabdian UI kepada masyarakat, sehingga diharapkan institusi  pendidikan tidak  menjadi menara gading yang tidak peka dengan permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Tim berjumlah 24 orang merupakan gabungan dari unsur Majelis Wali Amanat UI, Ikatan Alumni UI, Direktorat Kemahasiswaan, tim dokter Fakultas Kedokteran UI, pakar akademisi dari berbagai fakultas di UI, K3L, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM UI), dan Resimen Mahasiswa (Menwa).(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar