UI Luluskan 3.760 Wisudawan

Wisuda UI 
Beji, Depok Terkini

Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met mewisuda 3.760 wisudawan dari jenjang D3 hingga S3 tahun akademik 2018/2019, Sabtu (03/02/2018).

Sebanyak 641 wisudawan berhasil lulus dengan predikat cumlaude.

Rektor UI Prof. Muhammad Anis mengatakan Perguruan tinggi dituntut untuk dapat menciptakan SDM yang kreatif, handal, tangguh, dan responsif dengan perubahan era ini. Oleh karena itu, perubahan dan inovasi di perguruan tinggi menjadi suatu keniscayaan.”Inovasi menjadi suatu kata kunci dalam perkembangan perguruan tinggi di Indonesia," kata Anis.

Menurutnya, mahasiswa program sarjana UI telah banyak menghasilkan inovasi penelitian berkualitas yang diharapkan dapat berkontribusi memecahkan permasalahan bangsa. Diantaranya riset tentang minyak ikan yang dengan nama Aspergyomega berhasil menjadikan limbah ampas tahu menjadi kapsul bernutrisi. Alat pengukur risiko diabetes dan jantung koroner real time, alat pengolah limbah batik portabel, serta Konekin, sebuah aplikasi  membantu para wirausahawan pemula membangun jejaring adalah salah satu dari beberapa penelitian yang dapat dibanggakan UI.

Selain itu, sebanyak 564 prestasi berhasil ditorehkan para mahasiswa UI baik tingkat nasional maupun internasional selama tahun 2017. Diantaranya juara Umum Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik), dan penghargaan Tim FTUI pada ajang Shell Eco Marathon.

Saat ini, lanjut Rektor, UI menawarkan beberapa mata kuliah yang membahas digital dan big data analysis. UI juga mengintensifkan kegiatan perkuliahan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan menyelenggarakan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).

"UI membuka kesempatan seluas-luasnya bagi seluruh anak bangsa dari berbagai lapisan masyarakat untuk dapat menikmati pembelajaran di UI. Diharapkan dengan adanya program-program tersebut lulusan-lulusan UI dapat menjadi individu-individu yang dapat bersaing di kancah nasional maupun global, namun tetap berkontribusi nyata dalam membangun bangsa,"tandas Anis.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar