Kampung Geulis Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru di Depok

Kampung Geulis ramai dikunjungi warga
Sukmajaya, Depok Terkini

Kampung mural Geulis di Wilayah RW 07, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok bakal menjadi salah satu destinasi wisata digital di Kota Depok.

Kampung Geulis dengan berbagai lukisan dan gambar bertemakan Generasi Pesona Indonesia (GenPi) memiliki potensi yang besar dan diharapkan mampu menarik perhatian masyarakat.

"Wilayah kami dinilai cocok sebagai salah satu lokasi Generasi Pesona Indonesia (GenPi) oleh Kemenpar. Kampung Geulis ini merupakan cikal bakal GenPi Kota Depok," kata Ahmad Sumarjoko selaku Seksi Pemuda dan Olahraga RW 07, Kelurahan Abadijaya, Sabtu (31/03/2018)

Lebih lanjut Pria yang akrab disapa Koko itu menjelaskan,  nama Kampung Geulis (Green Urban Life Style) berarti Kampung hijau yang merupakan gaya hidup para pendatang. Kota Depok tidak memiliki kultur khusus karena wilayahnya berbatasan dengan Ibukota Jakarta.

"Kalau dibilang Betawi itu sebutan Jakarta, kalau Sunda punya Jawa Barat. Jadi, kita ambil tema Urban atau pendatang karena sebagian penduduknya adalah urban."Warga disini sangat guyub dan mendukung dibentuknya Kampung Geulis,"ujarnya.

Pengunjung menikmati jajanan di Pasar Geulis
Adapun konsep destinasi wisata mural di Kampung Geulis ini, sebut Koko, menggambarkan tentang keberagaman wisata di Indonesia."Semua gambar di dinding sebanyak 20 titik bertemakan Indonesia, seperti kondisi alam, hewan yang dilindungi dan lainnya. Pokoknya tentang Indonesia, bukan lukisan semaunya," terang Koko.

Selain itu, kata Koko, pihaknya juga menyiapkan pasar Geulis yang menyediakan makanan dan minuman hasil swadaya masyarakat." Jadi, pengunjung Kampung Geulis tidak hanya sekedar selfi dan pulang,  itu tidak ada untungnya buat warga. kita berdayakan perekomian masyarakat dengan menjual makanan dan minuman. Pasar Geulis ini rencananya buka setiap hari Sabtu dan Minggu saja,"tuturnya seraya menambahkan Kampung Geulis juga akan menampilkan sejumlah komunitas yang ada di Kota Depok.

Saat ini, tambah Koko, pekerjaan Kampung mural sudah mencapai 80 persen dan direncanakan Wisata digital Kampung Geulis akan diresmikan oleh Menteri Pariwisata."Insya Allah lauching Kampung Geulis dilakukan pada April 2018 ini oleh Bapak Menteri bertepatan dengan HUT Depok ke-19,"ungkap pria berprofesi sebagai pengacara itu.(ndi)

Post a Comment