Dishub Cek Kelayakan Armada Mudik Lebaran 2018

Walikota dan Kapolres saat mengecek roda bus angkutan lebaran
Margonda, Depok Terkini

Jelang Hari Raya Idhul Fitri 1439 H, Satuan Lalu Lintas Polresta Depok bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok melakukan pemeriksaan kelaikan bus angkutan mudik lebaran di Terminal Depok, Kamis (30/05/2018).
Langkah tersebut dilakukan demi meminimalisir angka kecelakaan selama mudik lebaran 2018.

Turut hadir dalam pengecekan tersebut, Wali Kota Depok Mohammad Idris, Kapolresta Depok Kombes Pol Didik Sugiarto, Kadishub Dadang Wihana, Kasatlantas Kompol Sutomo, dan jajaran.

Usai pengecekan Walikota mengatakan, pemeriksaan bus dilakukan mulai dari fisik hingga kelengkapan surat-surat kendaraan. Dengan begitu, nantinya baik sopir dan bus dipastikan telah layak menjadi angkutan mudik lebaran.

“Seluruhnya kami periksa baik kesehatan, pendataan administrasi, maupun kelayakan kendaraan,” ujar Idris.

Lebih lanjut, Idris menjelaskan, pemeriksaan administrasi kendaraan yang dilakukan meliputi surat tanda uji kendaraan, kartu pengawasan trayek, Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Selain itu, sambungnya, untuk pemeriksaan kendaraan dilakukan langsung oleh teknisi Dishub. Jika semuanya sudah memenuhi standar akan diberikan stiker sebagai tanda bahwa bus tersebut layak sebagai transportasi antar kota dan antar provinsi.

“Kalau seluruhnya sudah layak baik kendaraan maupun kesehataan pengendarannya akan ditempelkan stiker,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, dengan pemeriksaan yang dilakukan, diharapkan dapat menjaga keselamatan penumpang yang akan melaksanakan mudik lebaran. Selain itu juga menjaga rasa aman saat berada dalam perjalanan.

Sementara itu, Kapolresta Depok Kombes Pol Didik Sugiarto mengatakan, pihaknya bersama TNI dan pemerintah siap mengamankan arus mudik maupun arus balik. Selain itu titik sentral massa akan ditempatkan pos pengamanan dan pelayanan.

Selain itu, Kapolres menambahkan pihaknya juga akan mempersiapkan sembilan posko pengamanan. Tak hanya itu, menjelang kepadatan pengunjung di titik-titik sentral seperti mall, akan ditempatkan sejumlah personel kepolisian guna memberikan keamanan kepada masyarakat.

“Pos pengamanan ada dua titik. Ditambah di masing-masing polsek ada 7 jadi total pos pengamanan sekitar sembilan posko,” ujar Kapolres.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar