Babinsa Koramil 06/Cimanggis Berikan Penyuluhan Program Keluarga Berencana

Babinsa saat memberikan penyuluhan KB di Posyandu Dahlia
Tapos, Depok Terkini

Jajaran TNI sudah lama menjalin kerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dengan menerapkan kekuatan jaringannya hingga ke pelosok wilayah,  yakni mengerahkan Bintara Pembina Desa (Babinsa). Babinsa merupakan ujung tombak dari unsur

TNI dalam membantu mensukseskan program Keluarga Berencana (KB). Seperti yang dilakukan Serka Agus Wibowo, Babinsa Cimpaeun Koramil 06/Cimanggis, Kodim 0508/Depok. Serka Agus sebagai motivator dan sudah terlatih memberikan penyuluhan KB kepada warga sesuai dengan kemampuan yaang dimilikinya. Kiprah dan peran serta Serka Agus cukup aktif dalam mengajak masyarakat untuk ikut program KB.

"Peran kami sebagai Babinsa sebagai motivator mengajak masyarakat untuk ikut program KB, bahkan kami juga dilatih dan diberikan kemampuan sebagai tenaga penyuluh dan penggerak, dan itu sangat efektif," kata Serka Agus usai mengadakan penyuluhan di Posyandu Dahlia RW 09, Kelurahan Cimpaeun, Tapos, Depok, Senin, (30/07/2018)

Menurut dia, penyuluhan dilakukan di Posyandu karena konsep Posyandu berkaitan erat dengan keterpaduan, Artinya keterpaduan yang dimaksud meliputi keterpaduan dalam aspek sasaran, lokasi kegiatan, aspek petugas penyelenggara, aspek dana dan lainnya. Dalam penyuluhan tersebut, lanjut Serka Agus, dirinya memberikan panduan kesehatan bagi ibu hamil dan menyusui. Sedangkan kader Posyandu  memberikan vaksinasi dan makanan suplemen buat balita. Posyandu juga menjadi media deteksi dini kasus-kasus malnutrisi dan kekurangan gizi pada bayi dan balita.

"Semoga partisipasi yang kami berikan bisa menjadikan keluarga yang berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman. Babinsa juga dituntut mampu mewujudkan program pembentukan Kampung KB di wilayah binaannya, melalui sinergitas dengan dinas dan instansi terkait," tutup Serka Agus.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar