P3M PNJ Berikan Pelatihan Pengembangan UKM Kelurahan Cibinong

Cibinong, Depok Terkini

Sebanyak 100 pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di kelurahan Cibinong, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, antusias mengikuti acara "Diseminasi teknologi pengembangan UKM produk berbasis unggulan daerah, yang digelar Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) di RM Saung Bambu, Jalan Setu Cikaret, RT 02/02, Kelurahan Harapan Jaya, Cibinong, Bogor, Kamis (30/08/2018).

Diseminasi bekerjasama dengan anggota DPR RI dalam upaya pemberdayaan masyarakat, khususnya produk unggulan masyarakat kelurahan Cibinong, Kecamatan Cibinong.

"Dari hasil survey,  produk unggulan UKM masyarakat kelurahan Cibinong berupa tas, sepatu, keset, dan makanan berupa kripik dan cireng. Kita ingin berdayakan agar produk tersebut lebih dikenal lagi di masyarakat dan menjadi sumber pendapatan masyarakat," kata Ketua P3M PNJ, Dr. Ida Nurhayati di lokasi acara.

Menurut dia, PNJ sebagai perguruan tinggi diwajibkan menjalankan Tri Darma, salah satunya pengabdian kepada masyarakat. Karena itu, PNJ yang memiliki banyak konsep dan teori bagaimana bisa diimplementasikan atau diterapkan kepada masyarakat.

Dalam pelaksanaan Desiminasi ini, lanjut Ida, pihaknya memberikan materi pelatihan dengan menghadirkan tiga narasumber diantaranya Ridwan Zulfi (PNJ) memberikan materi terkait pembukuan sederhana, Jeje Zulkaria materi peningkatan pemasaran dan kewirausahaan, serta Mahar Hari (PNJ) memberikan materi teknik pemasaran berbasis internet.

Selama ini, tambah Ida, pelaku UKM hanya berkutat pada persoalan sebatas produk mereka laku terjual. Melihat persoalan tersebut, kami ingin membantu meningkatkan penjualan produk unggulan mereka sehingga akan berdampak pada kesehjateraan masyarakat.

"Nantinya setelah diberikan pelatihan, kita akan lakukan monitoring dan evaluasi terhadap perkembangan usaha mereka. Selanjutnya kita juga lakukan pendampingan, meskipun program ini telah selesai," tuturnya.

Ketua Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Jawa Barat, Doni Hutabarat yang hadir dalam acara tersebut meminta para pelaku UKM dapat memanfaatkan secara maksimal materi yang diberikan oleh narasumber."Warga Cibinong sangat beruntung mendapatkan program ini. Karena itu, jangan disia-siakan. Kami berharap pelaku UKM bisa mandiri dan lebih maju lagi dalam membuat produk unggulan di Kabupaten Bogor," kata Doni.(ndi)


Posting Komentar

0 Komentar