41 Siswa Diktubasus Babinsa Praktek Talak Binter di Koramil 05/Kramat Jati

Gumil Mayor Inf Mistar memberikan arahan siswa Diktubasus
Jakarta, Depok Terkini

Komandan Koramil (Danramil) 05/Kramat Jati, Kodim 0505/JT, Kapten Inf Jamal Agung menerima kedatangan 41 siswa DIKTUBASUS BABINSA Rindam Jaya di Makoramil Kramat Jati, Kamis (06/09/2018).

Kehadiran siswa Diktuba tersebut guna mengaplikasikan materi ketatalaksanaan Pembinaan Teritorial yang didapat selama pendidikan.

Dalam kesempatan itu, Kapten Inf Jamal menyatakan pihaknya siap membantu memberikan tempat serta sarana dan prasarana bagi siswa Diktubasus Babinsa dalam melaksanakan aplikasi Pembinaan Teritorial di dua kelurahan yaitu Kelurahan Kramat Jati dan kelurahan Tengah."Kita sudah siapkan semuanya, termasuk pendampingan oleh Babinsa di setiap kelurahan," ujar Jamal.

Sebelumnya, lanjut Danramil, dirinya juga telah berkoordinasi dengan Lurah Kramat Jati dan Lurah Tengah untuk bekerja sama dalam kegiatan siswa Diktubasus Babinsa di wilayah kelurahan termasuk ke sekolah."Sudah dari awal kita koordinasikan dengan kedua lurah tersebut, termasuk koordinasi dengan Rindam jaya," ungkapnya.

Dari itu, Danramil berpesan kepada para siswa Diktubasus Babinsa agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban selama praktek di lapangan."Perhatikan faktor keamanan, jangan sampai dalam aplikasi binter ini ada kejadian yang tidak diinginkan," harap Danramil.

Sementara itu, Guru Militer (Gumil) pendamping Rindam Jaya, Mayor Inf Mistar menjelaskan aplikasi teritorial siswa Diktubasus Babinsa diikuti sebanyak 241 siswa tersebar di enam Koramil, diantaranya Koramil 05/Kramat Jati, Kodim 0505/JT. Aplikasi Binter dilakukan mulai Kamis hingga Sabtu 6-7 September 2018.

Dalam kegiatan ini, kata Mistar, Para siswa akan mengaplikasikan ilmu yang didapatkan selama pendidikan di Rindam Jaya yaitu tentang ketatalaksanaan Binter berisi pengumpulan data teritorial, penyusunan rencana kegiatan teritorial, analisa kejadian, dan penyusunan laporan kegiatan teritorial.

"Mereka mengaplikasikannya langsung ke lapangan dengan menggunakan metode karya bakti, Binwanwil dan Komunikasi Sosial," tutup Mistar didampingi pelatih Lettu Inf Suhanto, Serma Nawi, dan Sertu Heri.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar