Breaking News

recent

Dosen UI Berikan Pelatihan Warga di Lokasi Wisata Gunung Padang

Beji, Depok Terkini

Delapan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menggelar kegiatan pengembangan community based tourism (pariwisata berbasis masyarakat) kepada masyarakat di sekitar lokasi wisata Situs Gunung Padang, pada 28 – 30 Agustus serta 12 – 13 dan 20 – 21 September 2018.

Target sasaran kegiatan adalah memberikan pelatihan bahasa inggris bagi warga pemilik homestay, workshop pengelolaan homestay, serta studi banding ke Desa Wisata Edukasi Pertanian Lebak Muncang, Bandung Selatan.

Dr. Hera Susanti, selaku inisiator progran Pengabdian Masyarakat UI, menuturkan pemilihan lokasi Pengabdian masyarakat di wilayah wisata Gunung Padang, Kabupaten Cianjur dilatarbelakangi terjadinya penurunan tajam kunjungan wisata sejak beberapa tahun terakhir, serta tidak layaknya infrastruktur penunjang wisata Cianjur .

"Kondisi ini sangat disayangkan mengingat Kabupaten Cianjur sempat masuk ke dalam kelompok Daerah Tujuan Wisata (DTW). Dengan program pengmas ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk menjaga potensi wisata Situs Gunung Padang serta memberdayakan diri dan warga setempat untuk turut mempromosikan tempat wisatanya agar semakin menarik minat para wisatawan berkunjung," harap Hera, di Depok, Selasa (04/09/2018)

Disisi lain, lanjut Hera, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan taraf penghasilan melalui parawisata, karena pariwisata sendiri merupakan sektor yang menjanjikan untuk menghapuskan ketidaksetaraan di Indonesia dengan memperkenalkan pariwisata lokal dan memberdayakan masyarakat.

"Pengentasan kemiskinan melalui pengembangan pariwisata yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat lokal, merupakan aspek yang sangat penting dalam proses pembangunan ekonomi," tuturnya.(ndi)

No comments