FTUI Resmikan Program S2 Teknik Sistem Energi

Beji, Depok Terkini

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) menambah satu program studi Magister (S2) multidisiplin “Teknik Sistem Energi”.

Program studi ini terbuka bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan dan akan menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran baru 2019/2020 melalui Ujian Seleksi Masuk UI (SIMAK UI) pada April 2019 mendatang. Program studi ini telah memiliki angkatan pertama sebanyak 22 orang Tahun Ajaran 2018/2019.

Peresmian Program studi TSE dihadiri Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti, Dr. Muhammad Dimyati, Dekan FTUI Dr. Ir. Hendri D.S Budiono, M.Eng beserta jajaran Pimpinan FTUI di kampus UI, Salemba, jakarta Pusat, Senin (10/9) lalu.

Ketua Program Studi Magister Teknik Sistem Energi UI Ir. Chairul Hudaya, S.T., M.Eng., Ph.D, IPM menuturkan, program studi baru ini merupakan salah satu bentuk respon FTUI atas amanat Presiden RI, Joko Widodo, bahwa Perguruan Tinggi harus menyajikan kurikulum yang cepat menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk mendukung visi Pemerintah tersebut, khususnya pada bidang Energi, FTUI mendirikan Prodi baru ini, yaitu Prodi Magister (S2) TSE. Program Magister Teknik Sistem Energi sendiri adalah bidang ilmu multidisiplin pertama di FTUI.

Menurut dia, TSE adalah suatu disiplin ilmu mempelajari desain dan eksekusi suatu proses secara multidisiplin di sektor energi untuk memenuhi kebutuhan para pemangku kepentingan dan untuk membuat kebijakan yang memperhatikan aspek teknis, sosial, ekonomi, dan lingkungan selama siklus hidup sistem yang didesain.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar