Menteri Pendidikan Irlandia dan UI Kerjasama Bidang Akademik

Beji, Depok Terkini

Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof.Dr.Ir.Muhammad Anis, M.Met menerima kunjungan Menteri Pendidikan dan Keterampilan Irlandia H.E Mr. Richard Bruton beserta Duta Besar Irlandia untuk Indonesia H.E. Mrs. Olivia Leslie dan para pimpinan Perguruan Tinggi di Irlandia, di Gedung Rektorat UI kampus Depok, Selasa (18/9)

Rektor UI, Prof. Anis menuturkan, Kunjungan Mr. Richard menjadi penanda dibukanya pintu kerja sama antar dua negara, sehingga peluang ini bukan saja untuk UI melainkan pula untuk kampus lainnya di Indonesia. Kolaborasi yang dijalankan antara UI dengan dua universitas yang ada di Irlandia diantaranya dalam bidang pertukaran mahasiswa dan tenaga pendidik/dosen, double/joint degree serta kerja sama riset."Kami menerima ini sebagai bentuk apresiasi bagi UI dan diharapkan UI dan Perguruan Tinggi di Irlandia dapat saling berkolaborasi guna meningkatkan mutu pendidikan tinggi di UI dan Indonesia pada umumnya," ujar Anis.

Sementara itu, Mr.Robert menuturkan mahasiswa merupakan salah satu sumber daya manusia potensial bagi negeri. Untuk itu, Irlandia fokus di dalam mengembangkan sistem pendidikan terbaik guna memperlengkapi anak muda akan ilmu dan pengetahuan serta keterampilan.

Irlandia memiliki tujuh Perguruan Tinggi berstandar tinggi dengan keunggulan ilmu yang beragam, mulai dari bioenergy, nanoteknologi, kemaritiman hingga ICT (information, communication and technology). Peluang yang dapat dikembangkan antar Perguruan Tinggi di Irlandia dan Indonesia dapat berupa pengembangan riset di bidang pertanian, perbaharuan energi serta pengembangan teknologi informasi dan komunikasi. Mr. Robert juga membuka peluang kolaborasi guna membentuk sistem pendidikan terbaik bagi Indonesia dan Irlandia.

Dalam penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut, berisi terkait pertukaran staf akademik, dosen dan mahasiswa, pengembangan penelitian dan inovasi baru yang bermanfaat bagi khalayak serta perkuliahan dua negara dengan gelar ganda (double degree program).(ndi)

No comments:

Post a Comment