UI Makin Diakui di Jajaran Perguruan Tinggi Riset Dunia

Beji, Depok Terkini

Universitas Indonesia (UI) berhasil masuk ke dalam kelompok peringkat 601 – 800 dunia. Hal itu diketahui setelah Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia Times Higher Education (THE) kembali merilis daftar World University Rankings (WUR) 2019 pada Rabu (26/9) melalui laman https://www.timeshighereducation.com.

UI menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi dari Indonesia yang masuk ke dalam grup ini – dimana sebelumnya pada THE WUR 2018, UI menduduki kelompok peringkat 801 – 1.000. Sebanyak 1.258 Perguruan Tinggi di 86 negara di dunia yang masuk ke dalam Pemeringkatan THE WUR 2019.

Ini adalah tahun ketiga negara Indonesia masuk ke dalam pemeringkatan THE. Lembaga pemeringkatan ini secara konsisten menitikberatkan indikator penilaian berdasarkan Performa Pengajaran (kegiatan belajar mengajar) ; Penelitian ; Transfer dan Sharing Keilmuan serta Cakupan Internasional sebuah universitas.

Rektor UI Prof.Dr.Ir.Muhammad Anis, M.Met menyampaikan, saat ini performa UI semakin meningkat tampak dari penilaian lembaga pemeringkatan bergengsi dunia – THE. UI tengah fokus meningkatkan kapasitas dan kualitas riset serta inovasi dan pengabdian masyarakat."kita juga sedang berlari memperluas network dengan kampus-kampus di Asia, Eropa dan benua lainnya.” kata Anis, Kamis (27/09/2018)

Anis menambahkan, bahwa persaingan dalam hal baik, yaitu pengembangan kualitas pendidikan dengan berkaca kepada kampus di dalam satu kawasan regional. Seperti National University of Singapore berhasil masuk dalam jajaran 25 besar dunia."Diharapkan prestasi dari kampus yang masih bertetangga dengan kita tersebut, mampu memicu semangat UI menuju Perguruan Tinggi Unggulan Asia Tenggara.” tuturnya

Pencapaian ini bukan milik UI saja melainkan juga prestasi bangsa bahwa Pendidikan Tinggi di Indonesia telah diakui oleh dunia. Sebagai lokomotif perguruan tinggi di Indonesia, UI akan melesat maju menjadi perguruan tinggi yang mampu berkontribusi lebih untuk meningkatkan pertumbuhan dan daya saing nasional di tingkat global, mempromosikan inovasi dan kewirausahaan serta mengatasi tantangan sosial.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar