Warga Ciampea Dapat Pelatihan Pengolahan Sampah Terpadu dari PNJ

Bogor, Depok Terkini

Ratusan warga Desa Ciampea Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor mendapatkan pelatihan Penerapan Teknologi Tepat Guna (PTTG) berupa pengolahan Sampah Terpadu dari Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) kerjasama dengan Kemenristek Dikti, dan anggota DPR RI Komisi X, Nawafi Saleh, beberapa waktu lalu.

Penerapan Teknologi Tepat Guna (PTTG) tersebut merupakan wujud dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi bertujuan untuk berbagi pengetahuan serta melaksanakan implementasi dari hasil penelitian kepada masyarakat.

Ketua P3M PNJ, Dr. Ida Nurhayati, SH mengatakan kegiatan yang telah dilaksanakan disesuaikan dengan permasalahan yang ada di masyarakat, yaitu mengenai pengolahan sampah terpadu sebagai upaya meningkatkan industri kreatif dengan memanfaatkan sampah, baik organik maupun an organik.

Kegiatan dilaksanakan selama enam bulan, mulai dari perekrutan peserta pelatihan, pemilahan sampah, pendirian bank sampah di setiap RW, pembentukan kader lingkungan di masing-masing RT, adanya produk unggulan berbasis masyarakat dari sampah yang bisa dipasarkan, hingga menciptakan lingkungan bersih, sehat dan teratur.

" Semua kegiatan tersebut untuk meningkatkan kesehjateraan masyarakat Desa Ciampea," terangnya.
Ida menambahkan, kegiatan penerapan teknologi pengolahan sampah terpadu ini merupakan langkah konkrit serta sinergitas antara akademisi, pemerintah dan  masyarakat Desa Ciampea Udik, Kabupaten Bogor.

"Dalam kegiatan ini diberikan juga pelatihan pengembangan koperasi dengan harapan dapat menjadi barometer terbentuknya pemberdayaan ekonomi  berbasis masyarakat," pungkasnya.

Sementara itu, anggota DPR RI Komisi X, Nawafi Saleh berharap kepada masyarakat Desa Ciampea yang telah mengikuti pelatihan program PTTG bisa lebih bergairah lagi, karena pengetahuan dan pemahaman tentang pengelolaan dan pengolahan sampah merupakan kebutuhan sangat penting masyarakat, baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Ketua Kegiatan PTTG, Dr. Dra. Iis Mariam MSi dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat menjadi sarana pengembangan potensi daerah dan meningkatkan keterampilan masyarakat dalam penyelenggaraan koperasi serta pengolahan dan pengelolaan sampah berbasis ramah lingkungan."Ini merupakan langkah awal terbentuknya desa binaan PNJ di masa yang akan datang," tutup Iis.(ndi)

Comments

Popular posts from this blog

Kodim 0508/Depok Gelar Penyuluhan KB Kesehatan

Debus Banten Ramaikan Aksi Unjuk Demo Nelayan di Istana

Generasi Muda Harus Siap Hadapi MEA