Pemkot Depok Launching Sekolah Pranikah

Balaikota, Depok Terkini

Walikota Depok Mohammad Idris melaunching Sekolah Pranikah bagi remaja yang diselenggarakan Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok di ruang Edelweiss, Gedung Balaikota Depok, Selasa (04/12).

Pendampingan pranikah menjadi agenda penting bagi Pemerintah Kota Depok dalam membina ketahanan keluarga warga Depok. Dengan pendampingan ini, dua insan yang hendak bersatu menjadi pasangan hidup diberi bimbingan bagaimana menerapkan cinta sejati dalam rumah tangga nanti.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, yang harus dipahami oleh remaja yang ingin menikah adalah bahwa pernikahan tidak hanya sekedar masalah percintaan. Tetapi, lebih dari itu bagaimana memelihara cinta terhadap pasangan hidup setelah pernikahan berlangsung.

“Cinta sejati, muncul setelah pernikahan. Karena setelah pernikahan itu cinta pasti mengalami fluktuatif, kadang naik kadang turun. Nah, ini yang harus dipupuk terus menerus,” ujar Idris

Menurut Idris, untuk para generasi milenial sekolah pranikah sangat penting diikuti. Selain mempersiapkan dan memberikan pemahaman mengenai lembaga pernikahan, sekolah pranikah merupakan salah satu bentuk dukungan dalam program unggulan Kota Depok sebagai Kota Ketahanan Keluarga.

“Sebab ketahanan keluarga berangkat dari makna pemahaman keluarga, ini harus dikasih asupan yang cukup. Masa depan mereka nantinya, harus mulai terencana,” pungkas Idris.

Kepala Bidang Ketahanan Keluarga dan Keluarga Berencana DPAPMK Kota Depok, Ani Rahmawati menambahkan, Sekolah pranikah diikuti 40 remaja berasal dari perwakilan Karang Taruna (Katar), Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R), dan perwakilan Generasi Berencana (Genre) Kota Depok."Sekolah pranikah bagi remaja ini diupayakan membantu para remaja dalam memahami dan menyikapi konsep pernikahan. Serta kehidupan berkeluarga, yang tentu saja berdasarkan nilai-nilai keagamaan yang dianut," katanya.

Dikatakan, ada enam materi yang diberikan yaitu keluarga masa depanku, bersinar bersama pasangan, cinta dan seksualitas, menjadi ayah bunda yang dirindukan, serta sukses mengelola sumber dana keluarga.“Semoga materi hari ini bisa membawa manfaat bagi para remaja kita, dan menjadi bekal positif bagi mereka dalam merencanakan kehidupan pernikahannya kelak,” tutupnya.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar