Satuan KBR Gegana Brimob Disiagakan Untuk Pengamanan Bencana Alam

Beji, Depok Terkini

Satuan Kimia Biologi Radioaktif (KBR) Gegana Brimob Polri menyiagakan 157 personel untuk pengamanan Bencana Alam dan Perbatasan. Hal itu ditegaskan Komandan KBR Gegana Polri, Komisaris Besar Polisi Desman S Tarigan saat kegiatan pameran peralatan khusus KBR dan pakaian tugas di Fave Hotel, Jl Margonda Raya, Kemiri Muka, Beji, Depok, Kamis (13/12/2018).

"Kita perkenalkan alat-alat khusus yang dikenakan KBR Gegana Polri dalam menangani persoalan berkaitan dengan bahan kimia. Dalam kegiatan ini kita mengundang Kamla, pemerintah termaksud badan penanggulangan bencana alam dan juga rekan-rekan dari Direktorat Lalu Lintas Polda," kata Desman.

Menurut Desman, satuan KBR Gegana tidak hanya membantu penanganan bencana alam saja, tetapi personel juga melakukan sterilisasi untuk kegiatan berskala besar. Sterilisasi yang dimaksud adalah identifikasi agar tak ada ancaman bom yang menggunakan bahan kimia.

"Ancaman penggunaan bom bahan kimia di Indonesia memang belum ada. Namun personel KBR bersiaga karena di luar negeri sudah ada serangan yang menggunakan bahan kimia," kata Desman.

Di luar itu, Desman menambahkan, personel KBR saat ini juga sudah bersiaga terhadap dunia industri, rumah sakit, hingga distribusi bahan kimia cair. Selain itu, personel KBR juga mengantisipasi terhadap penyelundupan bahan kimia.

"untuk mencegahnya, kami tempatkan personil-personil seperti di bandara dan pelabuhan," kata Desman.

Untuk diketahui Korps Brigade Mobile atau Brimob Polri memperkenalkan unit khusus baru mereka yang disebut pasukan kimia biologi radioaktif. Nama resminya Satuan KBR (Kimia Biologi Radioaktif) Pasukan Gegana, yang khusus menanggulangi ancaman teror berwujud kimia biologi radioaktif, terutama dalam pengamanan VVIP.(dimas)

Post a Comment