UI Miliki Gedung Pertunjukan Seni dan Budaya

Beji, Depok Terkini

Rektor Universitas Indonesia (UI), Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met, meresmikan Makara Art Center (MAC) di lingkungan Kampus UI, Depok, Senin (10/12/2018) malam.

Gedung MAC merupakan fasilitas pusat kesenian sebagai ruang apresiasi terhadap kegiatan seni dan budaya berupa seni musik, seni rupa, teater, tari hingga kerajinan tangan.

Peresmian MAC bersamaan dengan dibukanya UI Lake Art Festival 2018 menampilkan Indonesian National Orchestra (INO) pimpinan Franki Raden.
"Saya sepenuhnya mendukung keberlangsungan aktivitas seni dan budaya di dalam kampus UI. Para mahasiswa UI diharapkan dapat terus mengobarkan semangat panji-panji ilmu dan seni berkibar Tinggi di Almamater. Untuk itu, manfaatkan dengan sebaik-baiknya fasilitas MAC sebagai ajang aktualisasi diri. Lulusan UI adalah lulusan yang berjiwa kompetitif serta memiliki karakter jiwa dan raga yang sehat. Salah satu upaya menyehatkan raga adalah melalui seni dan budaya.” kata Anis usai peresmian MAC.

Sementara itu, Artistic Director MAC UI I.Yudhi Soenarto menuturkan, MAC merupakan Pusat Kesenian pertama yang ada di kota Depok. Kami bangga bisa hadir di tengah-tengah masyarakat kota Depok. Kami berharap MAC dapat menjadi pusat kesenian yang dapat mempertemukan para seniman dengan publik penikmat seni.

" Sivitas akademika UI – baik itu mahasiswa maupun dosen banyak sekali yang merupakan seniman handal.  Hadirnya MAC UI diharapkan mampu menyajikan acara kesenian yang berkualitas demi terciptanya ruang apresiasi seni dan budaya yang bermanfaat.” tutur Yudhi.

Dirinya berharap upaya UI dalam menyediakan fasilitas pusat kesenian yang lengkap dengan ragam pilihan program acara keseninan yang berkualitas, dapat mewujudkan dan menyiapkan peserta didik UI menjadi lulusan yang cerdas dan bernurani. Sehingga pada akhirnya mampu memperkaya dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni kebudayaan.

Sebagai pusat kegiatan kesenian di kampus UI Depok, MAC tidak hanya diperuntukkan bagi sivitas akademika UI melainkan terbuka untuk umum. Gedung MAC terdiri atas lima lantai yang di dalamnya terdapat auditorium pertunjukan utama dengan kapasitas 418 bangku dengan sistem tata akustik dan pencahayaan yang mumpuni. Selain auditorium, terdapat pula ruang galeri untuk menampilkan seni lukis dan kerajinan tangan. Gedung MAC memiliki pemandangan Danau Kenanga yang hijau dan asri dan berlokasi dekat dengan Masjid Ukhuwah Islamiyah kampus Depok.(ndi)

Post a Comment