Relawan UI Peduli Selat Sunda Terjun ke Tiga Daerah

Beji, Depok Terkini

Tim Universitas Indonesia (UI) Peduli kembali melepas 67 relawan ke tiga daerah terdampak bencana yaitu Banten, Lampung, dan Sukabumi, Kamis (3/1/2018)

Pengiriman relawan ini terkait dengan tsunami yang menerjang pantai di Kabupaten Pandeglang, Serang, dan Lampung Selatan pada Sabtu, 22 Desember 2018 akibat pengaruh dari erupsi Gunung Anak Krakatau.

Rencananya, kegiatan UI Peduli di Banten, Lampung, dan Sukabumi ini akan dilaksanakan sampai dengan Minggu tanggal 6 Januari. Pembagian logistik berupa sembako akan dilakukan di ketiga daerah  bencana tersebut. Selain sembako, logistik yang diberikan diantaranya adalah kasur, selimut, dan diaper. Pembagian logistik terutama dilakukan di daerah Sukabumi, mengingat waktu pelaksanaan yang cukup singkat dibandingkan dua daerah lainnya.

Di daerah Banten, pembagian logistik dipusatkan di Masjid Asy Syifa di daerah Tanjung Lame.
Sedangkan pusat posko UI Peduli berada di Desa Ujungjaya, Kecamatan Sumur, Pandeglang. Di Lampung, posko dipusatkan di Desa Way Muli.

Selain logistik, tim UI Peduli juga melakukan aksi sanitasi dan penyediaan air bersih berupa pemasangan pompa air di beberapa titik yang memungkinkan.

Di Banten, tim juga akan melakukan pemetaan zona air tsunami serta pemetaan paparan abu vulkanik oleh tim dari departemen Geografi dan Geologi UI. Aksi medis juga dilakukan dari Fakultas Kedokteran UI.

Tim UI Peduli yang turun kali ini merupakan gabungan relawan dari seluruh sivitas akademika UI, yaitu dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI (DRPM UI), Resimen Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa UI,  Pusat Krisis (Puskris), Kamuka Parwata Fakultas Teknik UI (KAPA FTUI), Kesehatan, Keselamatan, Keamanan, dan Lingkungan (K3L), serta tim dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM).

Rektor UI, Prof.Dr.Ir. Muhammad Anis, M. Met. mengatakan bahwa UI selalu berusaha berkontribusi bagi bangsa melalui gerakan pengabdian masyarakat.

“Dalam hal ini, UI Peduli adalah sebuah upaya konsisten dari kami dalam menanggapi kejadian-kejadian bencana alam di Indonesia. Dengan UI Peduli, kami ingin menunjukkan bahwa UI selalu ada untuk kepentingan bangsa dan negara,” ujar Anis.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar