Breaking News

recent

92 UMKM Depok Sudah Bersertifikat Halal


Balaikota, Depok Terkini

Sebanyak 92 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Depok telah memiliki sertifikat halal.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Depok, Fitriawan saat menghadiri acara Pemberian Sertifikat Halal dari Pemprov Jabar kepada 300 pelaku IKM se-Jawa Barat di gedung Dibaleka II, Balaikota Depok, Kamis (31/01/2019).

"Sudah dua kali Pemkot Depok memberikan sertifikat halal kepada pelaku UMKM yaitu tahun 2017 sebanyak 30 UMKM dan tahun 2018 sebanyak 62 UMKM, " kata Fitriawan.

Menurut dia, Setiap tahun Pemerintah Kota Depok bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terus berupaya memberikan sertifikat halal kepada pelaku UMKM di Kota Depok. "Mudah-mudahan tahun ini jumlah UMKM yang melakukan sertifikasi sama dengan tahun lalu, " harapnya.


Fitriawan menjelaskan manfaat dari sertifikat halal adalah untuk memberikan kenyamanan kepada konsumen dalam mengkonsumsi produk UMKM, khususnya di Kota Depok.

Selain sertifikat halal, lanjut Fitriawan, ada beberapa aspek yang harus dipenuhi untuk pelaku UMKM khususnya kuliner diantaranya pelatihan keamanan pangan, dan sertifikat Pangan Industri Rumaah Tangga (PIRT)." Kalau sudah mendapat sertifikat itu maka produk makanannya dinilai sudah layak dikonsumsi, baik dari sisi kimiawi dan proses pembuatannya," tandas Fitriawan.(ndi)

No comments