Kota Depok Masuk Seleksi Gerakan 100 Smart City


Jakarta, Depok Terkini
Kota Depok masuk dalam seleksi 100 daerah kabupaten/kota di Indonesia yang siap menuju Smart City program dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri).

"100 kabupaten/kota ini memang terseleksi, siap menuju Smart City dalam konteks pemerintah pusat. Termasuk Kota Depok,” kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris usai menandatangani Nota Kesepahaman Gerakan Menuju 100 Smart City di Grand Ballroom, Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk, Jakarta Barat, Rabu (15/05).

Menurut Idris, sebelumnya Kota Depok telah dilakukan penilaian oleh pemerintah pusat terkait penerapan Smart City. Adapun beberapa indikator penilaian, yaitu kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM), infrastruktur, hingga pengelolaan keuangan daerah.

“Dari beberapa indikator penilaian memang kita siap, sehingga kita diundang ke sini,” tuturnya.

Idris berharap, melalui penandatanganan nota kesepahaman tersebut dapat terjalin kolaborasi antarberbagai daerah dalam upaya menuju Smart City.  Serta dapat mendorong pemerintah pusat dalam mengalokasikan anggaran prioritas seperti Dana Alokasi Khusus (DAK) bagi daerah-daerah yang terpilih tersebut.

“Harapannya kita bisa berkolaborasi dengan daerah lain. Pemerintah pusat juga bisa memberikan anggaran prioritas seperti dana insentif daerah melalui DAK kepada kabupaten/kota yang menjadi percontohan menuju Smart City,” tandasnya.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar