Samsat Cinere Gelar Operasi Gabungan Triwulan Kedua


Pancoran Mas, Depok Terkini
Samsat Cinere kembali menggelar Operasi Gabungan (Opgab) tertib kendaraan bermotor triwulan kedua tingkat Polsek di Jalan Raya Sawangan (eks RM H. Otong), Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Maa, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (19/06/2019).

Opgab yang dipimpim Kasi Penerimaan dan Penagihan Samsat Cinere, Rina Parlina digelar selama tiga hari, Rabu-Jum'at (19-21/06/2019) melibatkan enam instansi terkait yaitu anggota Unitlantas dari tiga Polsek (Pancoran Mas, Sawangan dan Limo) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Denpom, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok, Jasa Raharja, dan BJB.

"Setiap Operasi gabungan kita selalu melibatkan enam instansi tersebut. Sedangkan target Opgab ini untuk mengurangi jumlah jumlah Kendaraan yang Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU), khususnya di wilayah kerja Samsat Cinere," ujar Rina didampingi Kasubag TU, Hari Supada dilokasi razia.

Dengan digelarnya Opgab secara rutin setiap tahun, lanjut Rina, jumlah KTMDU di Samsat Cinere mengalami penurunan dari 39 persen menjadi 30 persen. Sedangkan potensi kendaraan bermotor tercatat di Samsat Cinere sebanyak 400 ribu kendaraan.

"90 persen potensi kendaraan bermotor adalah kendaraan roda dua, sisanya 10 persen kendaraan roda empat," jelasnya.


Rina menambahkan, penurunan jumkah KTMDU tidak hanya dari hasil razia gabungan, tetapi juga dari berbagai upaya dan inovasi yang dilakukan Samsat Cinere. Diantaranya dengan melakukan penelusuran KTMDU kerjasama dengan pihak kecamatan, mengirim surat pemberitahuan pajak khusus kendaraan mewah, inovasi layanan Samsat J'bret yaitu kemudahan pembayaran pajak melalui supermarket dan situs belanja online, serta sosialisasi berbagai program pembayaran pajak seperti T-samsat, dan e-samsat.

"Semua inovasi itu untuk memudahkan masyarakat membayar pajak, sehingga diharapkan jumlah penunggak pajak semakin berkurang" harap Rina.(ndi)

No comments:

Post a Comment