Dandim Minta Babinsa Kuasai dan Pertanggungjawabkan Wilayah Teritorial


Pancoran Mas, Depok Terkini
Komandan Kodim 0508/Depok, Letkol Inf Agus Isrok Mikraj membuka kegiatan peningkatan Aparat Komando Kewilayahan (Apkorwil) Tingkat Kodim Depok tahun
anggaran 2019 di Aula Makodim Depok, Senin (19/08/2019).

Kegiatan yang rencananya berlangsung selama lima hari, 19-24 Agustus 2019
tersebut diikuti sebanyak 80 Babinsa Jajaran Kodim 0508/Depok, Korem 051/Wijayakarta.

"Babinsa adalah ujung tombak Kodim 0508/Depok, jadi bagi anggota yang menyandang status Babinsa tolong dipertanggung jawabkan seberapa jauh bisa menguasai servis areanya," ujar Dandim saat memberikan arahan kepada peserta Apkorwil.

Menurutnya, masing masing Babinsa mempunyai pertanggung jawaban sesuai dengan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Jadi, apa yang menjadi bagian dan yang dipertanggung jawabkan harus bisa dikuasai.


"Walaupun usia Babinsa sudah tidak muda, tetapi rohnya angkatan darat adanya di teritorial," tegas Agus.

Sementara itu, Pasi Bakti TNI Korem 051/Wijayakarta, Mayor Sukarno dalam materinya menyebutkan sebagai aparat komando kewilayahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat tentunya tidak begitu saja dalam menghadapi globalisasi di era saat ini.

"Sebagai aparat teritorial harus mengerti dan paham apa yang harus dilakukan di wilayah. Seperti Geo demo komsos, ini harus dipahami seluruh Babinsa," tuturnya.

Dijelaskan Sukarno, ada lima kemampuan teritorial yang harus diciptakan. pertama kemampuan untuk menemukan apa yang terjadi dilapangan. Diantaranya Temu cepat lapor cepat.

" Temu cepat harus berkaitan dengan pertahanan negara laporkan secara akurat ke pimpinan," ungkapnya.

Selanjutnya, kata Sukarno, Babinsa harus bisa memanagemen teritorial, dan penguasaan wilayah."Jadi Babinsa harus betul betul menguasai, memahami kondisi di wilayahnya," ucapnya.(ndi)

No comments:

Post a Comment