Puluhan Warga Kampung Pulo Geulis Dapat Pelatihan Sablon


Bogor, Depok Terkini
Sedikitnya 25 warga Kp Pulo Geulis, Kelurahan Babakan Pasar, Kota Bogor mendapatkan pelatihan sablon digital dalam program pengabdian masyarakat oleh mahasiswa dan dosen Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), jurusan Teknik Elektro Program studi (Prodi) telekomunikasi.

Pelatihan yang berlangsung di aula Kantor Kelurahan Babakan Pasar, Sabtu (31/08/2019) dihadiri para pengurus RT, RW 05 Kelurahan Babakan Pasar.

Sri Lestari, selaku Ketua pengabdian masyarakat PNJ, program Studi Telekomunikasi jurusan Teknik elektro menjelaskan, pelatihan sablon tersebut merupakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat mahasiswa PNJ, jurusan Teknik elektro prodi telekomunikasi. Pelatihan sablon diberikan
untuk mengembangkan potensi warga membuat souvenir karena wilayah tersebut merupakan daerah wisata. Souvenir yang dibuat berupa gelas yang disablon dengan berbagai kreasi dari warga.


"Warga kita berikan cara menyablon gelas secara digital, sehingga nantinya warga bisa memproduksi souvenir dan bisa di jual. Pelatihan ini berlangsung satu hari penuh sampai warga bisa," ujar Sri.

Ia menambahkan, setelah pelatihan ini selesai, pihaknya akan menindaklanjuti dengan melakukan monitoring dan evaluasi rutin kepada warga terkait perkembangan kegiatan sablon untuk souvenir.

"Setelah pelatihan, kita berikan semua alat sablon kepada warga seperti komputer, printer serta 400 gelas enamel dan keramik agar warga bisa memproduksi souvenir. Kita akan monitoring secara berkelanjutan sampai warga berhasil," tandas Sri.

Sementara itu, Ketua RT 05/04, Tata Sumitra yang juga sebagai peserta pelatihan mengucapkan terima kasih kepada PNJ yang peduli untuk memberikan pengetahuan kepada warganya."Mudah-mudahan dari hasil pelatihan ini bisa menjadi ilmu dan ketrampilan bagi warga untuk bisa memproduksi kerajinan sablon. Semoga pelatihan ini bisa berkelanjutan, karena sangat bermanfaat
khususnya bagi warga yang putus sekolah," ucap Tata seraya menambahkan kegiatan pelatihan ini merupakan kali pertama diadakan di wilayah Kelurahan Babakan Pasar.(fw)

No comments:

Post a Comment