Breaking News

recent

PNJ dan IPB Lakukan Pengabdian Masyarakat di Sekolah KAMI


Bekasi, Depok Terkini
Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Sekolah Kami di Kampung Pemulung Kelurahan Bintara Jaya, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Sekolah Kami berada di tengah lapak-lapak pemulung dan tempat pembuangan sampah merupakan sekolah nonprofit yang menyediakan pendidikan gratis bagi anak-anak pemulung dan dhuafa.
Kegiatan yang diketuai oleh Murie Dwiyaniti (PNJ), dan dua anggota yaitu Riandini (PNJ) dan Eddy Supriyono (IPB) seorang pakar aquaculture.


Menurut Murie, Sebagai sekolah informal yang dikelola secara swadaya sangat memerlukan dana yang cukup besar untuk operasional. Selama ini pembiayaan operasional sekolah hanya mengandalkan donatur serta uang pribadi pemilik Sekolah."Kami berupaya agar sekolah mendapatkan pemasukan secara berkelanjutan untuk operasional sekolah dengan memanfaatkan solar sel dan budidaya perikanan," ujar Murie, Jum'at (13/09).

Dijelaskan Murie, kegiatan PKM dilaksanakan secara bertahap sejak Juni 2019. Kegiatan pertama meliputi perancangan dan pemasangan sumber listrik DC dari energy terbarukan, yaitu solar sel dengan daya 300 WP untuk sumber listrik penerangan taman, dua buah pompa kolam dan satu buah pompa aquaponik.


" Hal ini bertujuan agar tidak memberatkan biaya listrik sekolah," tuturnya

Sedangkan kegiatan kedua,lanjut Murie, pembuatan dua kolam ikan berukuran 3x1x0,8 meter ditanami ikan lele dan nila. Sebagai bonus kegiatan PKM, dibuatkan aquaponik untuk menanam pokcay dan selada air.

" Acara puncak kegiatan yaitu tebar benih ikan lele dan nila serta pelatihan perawatan solar sel, aquaponik, dan pengelolaan ikan lele dan nila," ungkapnya.

Ia berharap dengan bantuan PLP dan mahasiswa prodi DIV Teknik Otomasi Listrik Industri (TOLI), PNJ serta mahasiswa prodi Perikanan IPB  kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. System yang telah dibuat dapat dikelola dan menjadi income generator yang berkelanjutan.

"Kami akan terus melakukan pendampingan sehingga terjadi proses transfer knowledge yang akan menciptakan kemandirian sekolah dan ide untuk usaha bagi pemulung di sekitar Sekolah Kami," harap Murie.(ndi)

No comments