Dosen dan Mahasiswa PNJ Percantik MI Miftahul Ulum Klapanunggal


Bogor, Depok Terkini
Dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Listrik (TL) dan Teknik Otomasi Listrik Industri (TOLI) Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum, Desa Leuwikaret, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, pada Sabtu 14 September 2019.

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pelayanan pendidikan sehingga dapat dinikmati oleh siswa, siswi, dan guru sekolah tersebut. Tidak hanya itu, mereka juga dapat meningkatkan pengetahuan terkait instalasi listrik dan pemanfaatan energi terbarukan.

MI Miftahul Ulum memiliki 149 siswa dengan sarana dan prasarana yang sangat minim, dan sepertinya tidak layak menerima murid. Namun demikian, animo masyarakat sangat tinggi untuk menyekolahkan putra putrinya di sekolah tersebut.

Melihat permasalahan di sekolah tersebut, Program Studi TL dan TOLI melaksanakan pengabdian masyarakat selama dua bulan terhitung sejak Agustus hingga September 2019. Sejumlah kegiatan dilakukan diantaranya mempercantik gedung sekolah dengan memperbaiki lantai, atap dan dinding kelas, penambahan sarana belajar berupa kursi dan meja, memberikan pelatihan instalasi listrik dasar bagi guru, serta pemasangan solar sel sebagai sumber penerangan pada teras kelas dan halaman sekolah.



Endin selaku Kepala Sekolah MI Miftahul Ulum menyambut gembira pelaksanaan pengabdian masyarakat dari Program Studi TL dan TOLI ini. “Kami sangat terbantu sekali dengan adanya perbaikan prasarana dan sarana serta diadakannya pelatihan instalasi ini. Para siswa yang sebelumnya takut atap kelas tiba-tiba roboh, sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Sambung Endin, para guru juga merasa senang dengan adanya pelatihan instalasi listrik. “Pelatihan instalasi yang diberikan sangat bermanfaat. Penyampaian materinya juga jelas dan dapat mudah diaplikasikan untuk perbaikan sederhana.”ucapnya.

Pemasangan solar panel juga disambut gembira para guru, teknologi ini digunakan sebagai sumber penerangan sekolah tersebut. “Wah, sekarang kalau malam, halaman sekolah jadi terang sekali. Seperti ada kondangan,” canda salah satu guru.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar