Satgas TMMD Ingatkan Pelajar Wajib Bela Kedaulatan NKRI

Satgas TMMD Imbangan Kodim Depok Kapten Ibrahim saat memberikan materi bela negara kegaitan non fisik TMMD kepada siswa SMK Tritula, Cilangkap, Tapos, Depok, Senin (28/10/2019). wan
Tapos, Depok Terkini
Satgas TMMD Imbangan Kodim 0508/Depok melakukan sosialisasi bela negara kepada puluhan siswa Sekolah Menengah Kejuaran (SMK) Tritura di Jalan Situ Cilangkap, Tapos, Depok, Senin (28/10/2019). Sosialisasi disambut positif Kepala Sekolah dan para guru pembina.

Menurut Kapten Inf Ibrahim selaku penanggung jawab kegiatan TMMD Imbangan Kodim Depok. Bela negara bukan hanya tugas TNI-POLRI semata. Namun, menjadi tugas dan kewajiban semua warga negara indonesia (WNI)."Seluruh elemen bangsa Indonesia pada dasarnya wajib membela kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Ibrahim

Dia menjelaskan, bela negara adalah suatu tekad, sikap dan prilaku warga negara yang dijiwai kecintaannya terhadap NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945."Salah satu intinya dalam menjamin kelangsungan hidup dan kejayaan bangsa dan negara," paparnya.


Sedangkan pelaksanaan bela negara bagi pelajar, di antaranya belajar dengan baik dan benar, menjaga kebersihan serta peduli terhadap lingkungan dan memiliki kemampuan awal bela negara."Seperti percaya diri, disiplin dalam segala hal, cinta kasih dan lainnya," terang Ibrahim.

Karenanya, Ibrahim berharap agar apa yang disosialisasikan bisa diserap dengan baik dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari."Jadi bukan berperang mengangkat senjata saja. Mengisi kemerdekaan dalam pembangunan dan berbuat baik terhadap sesama pelajar juga termasuk bela negara," pungkasnya.

Sementara, Rahma salah seorang siswa mengungkapkan, sebagai pelajar sosialisasi seperti ini sangat penting dilakukan. Pasalnya, rasa nasionalise saat ini dirasa kian memudar karena pengaruh budaya barat. Sehingga, lanjut dia, kegiatan positif ini harus rutin dilakukan kepada tiap siswa dan sekolah berbeda.

"Jadi tidak ada lagi yang namanya tawuran pelajar dan lebih memilih menjadi pelajar yang belajar dengan baik. Sesuai penjelasan dari Satgas TMMD tadi," ucapnya.(ndi)

Comments

Popular posts from this blog

Kodim 0508/Depok Gelar Penyuluhan KB Kesehatan

Debus Banten Ramaikan Aksi Unjuk Demo Nelayan di Istana

Generasi Muda Harus Siap Hadapi MEA