Warga Kampung Geulis Dapat Pelatihan Pengembangan Jiwa Entrepreneurship dari PNJ

Tim P3M PNJ foto bersama dengan peserta pelatihan pengembangan jiwa Entrepreneurship di Kampung Geulis, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, 7 Oktober 2019.

Bogor, Depok Terkini
Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) memberikan pelatihan pengembangan jiwa Entrepreneurship kepada warga Kampung Mural, Pulo Geulis, Kelurahan Babakan Pasar, Kota Bogor, pada 7 Oktober 2019 lalu,

Pelatihan yang diikuti para remaja Karang Taruna, kader PKK, pelaku UMKM, para pengurus RT/RW bertujuan membantu meningkatkan kesehjateraan masyarakat setempat.

Ketua P3M PNJ, Dr. Ida Nurhayati  SH MH foto bersama dengan anggota tim, Iis Mariam MSi, Ir. Anik Tjandra Setiati, dosen Minto Rahayu serta narasumber Mahar Azhari,  dan Rizki Auliadi
Menurut Ketua pelaksana pengabdian, Dr. Nining Latianingsih SH MH. Di Kampung Mural, Pulo Geulis banyak terdapat para wirausaha seperti usaha baju adat kesenian china, tas, makanan ringan, pernak-pernik dan lainnya. Namun usaha tersebut tidak dikembangkan dengan baik. Mereka hanya memproduksi ketika ada pesanan saja. Sehingga perlu dilakukan pengembangan dalam hal diversifikasi produk serta pemasaran melalui media sosial.

"Diharapkan dengan pelatihan ini usaha mereka dapat terus berkembang," ujar Nining didampingi anggota pengabdian, Dr. Iis Mariam Msi dan Ir. Anik Tjandra Setiati MM saat pembukaan Pelatihan Pengembangan Jiwa Entrepreneurship.

Penyerahan bantuan printer untuk Kelurahan Babakan Pasar

Ditempat yang sama, Kepala P3M Politeknik Negeri Jakarta Dr. Ida Nurhayati  SH MH, mengatakan bahwa tujugan pengabdian masyarakat untuk mendekatkan Perguran Tinggi kepada masyarakat sekaligus merealisasikan Tridharma perguruan tinggi. Diharapkan pengabdian masyarakat ini dapat
memberi bermanfaat bagi masyarakat, khususnya warga Kampung Pulo Geulis, Kelurahan Babakan Pasar, Kota Bogor.

Lurah babakan Pasar Rena Da frina mengatakan bahwa Politeknik Negeri Jakarta sudah beberapa kali memberikan pelatihan bagi warga kampung Pulo Geulis.

"Syukur alhamdulillah, melalui kerjasama antara PNJ, Walikota dan Panorama tour & travel serta hotel 101, mudah-mudahan membawa perubahan bagi masarakat pulo geulis. Saya imbau masyarakat agar mengikuti semua pelatihan yang diberikan PNJ, jangan malas karena ini untuk kepentingan masyarakat juga. Terima kasih buat P3M PNJ, semoga kerjasama ini bisa berjalan dengan baik," harap Rena.

Pelatihan materi motivasi oleh Tatiek Kancaniati 
Dari hasil pemetaan lingkungan yang dilakukan P3M PNJ, warga Kampung Geulis diberikan pelatihan pembentukan koperasi simpan pinjam. Memberikan fasilitas dan bimbingan kepada wirausaha terkait laporan keuangan, pelatihan Teknik pengelolaan sampah dan membiasakan masyarakat membuang sampah secara terpadu. Selain itu, ada juga pelatihan-lain yang sudah dilaksanakan oleh Jurusan diantaranya, jurusan akuntansi, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik sipil, Teknik Grafika dan Teknik Informatika.

Pelatihan melibatkan para akademisi, praktisi dan pengusaha Assesoris kota Bogor yaitu Mahar Azhari Alamsyah, Tatiek Kancaniati, dan Rizki Auliadi.

Hasil pelatihan dalam Program Diseminasi tersebut terbentuknya Web yang dikelola Kelurahan dan Kelompok kampung wisata Pulo Geulis, Pemasaran Produk melalui medsos (online dan offline), produksi Souvenir serta rencana pembuatan hak merek dagang.(ndi)






Posting Komentar

0 Komentar