Antisipasi Ular, Damkar Ingatkan Warga Jaga Kebersihan

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana

Sukmajaya, Depok Terkini
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana mengingatkan warga Depok untuk menerapkan hidup bersih lingkungannya agar tidak menjadi sarang ular kobra.

Menurut Gandara, memasuki musim penghujan, populasi ular kobra meningkat. Ular kobra akan bertelur dan menetas saat tiba musim penghujan. Dua atau tiga bulan sebelum musim hujan, ular kobra akan bertelur. Selanjutnya saat musim hujan datang seluruh telurnya akan menetas dan anak ular akan menyebar.

“Sudah masuk musim hujan artinya telur-telur ular kobra sudah menetas, maka masyarakat harus mengantisipasi penyebarannya dengan melakukan aksi bersih agar lingkungan tetap terjaga,” ujar Gandara, Kamis (12/12/19).

Lebih lanjut, Gandara mengatakan, lingkungan tempat tinggal warga harus terus bersih. Karena, ular kobra senang berada di tempat yang rimbun, hangat, serta lembab seperti di tumpukan rumput dan selokan.

Dia menambahkan, apabila masyarakat kedapatan melihat ular kobra berada di rumah atau di lingkungan sekitar untuk segera mengamankan. Tentunya dengan menggunakan alat yang memadai seperti ember tertutup maupun bambu.

“Kalau ada ular kobra di rumah, segeralah mengamankannya. Jangan lupa menghubungi Dinas Damkar dan Penyelamatan untuk dilakukan evakuasi,” ucapnya.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar