PNJ Berikan Pelatihan Potensi Diri Guru TK di Depok

Foto bersama peserta pelatihan dengan Instruktur dari PNJ dan Mustika Ratu
Beji, Depok Terkini
Dosen Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) Jurusan Administrasi Niaga memberikan pelatihan potensi diri kepada guru Taman Kanak-kanak (TK) Islam Perkasa dan TK Aisyiah Bustanul Afthal 17 yang berada di wilayah Kecamatan Sawangan, Depok, beberapa waktu lalu.

Pelatihan tersebut merupakan Pengabdian kepada Masyarakat PNJ untuk mentransfer pengetahuan dan pengalaman (transfer knowledge and experience) dalam pola  pengajaran, cara menggali potensi diri  dan meningkatkan kualitas pribadi yang kokoh melalui self development sehingga kualitas pembelajaran menjadi unggul.

"Kegiatan ini bertujuan untuk lebih meningkatkan proses pelayanan dan pembelajaran para guru TK," ujar Koordinator Pengabdian P3M PNJ, Dr. Nining Latianingsih, S.H, M.H. saat pembukaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Sawangan.

Pelaksanaan Pelatihan  Beauty Class –Grooming
Ditempat yang sama, Ketua Jurusan Administrasi Niaga PNJ, Titik Purwinarti SE, M.Pd mengatakan, Pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) sangat berbeda dengan lembaga pendikan pada tingkat SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.
Menurutnya, merujuk pada nama lembaganya, yakni “taman” bukan “sekolah”, maka sebutan “Taman” pada Taman Kanak-kanak mengandung makna “tempat yang aman dan nyaman (safe and comfortable) untuk bermain. Sehingga pelaksanaan pendidikan di TK harus mampu menciptakan lingkungan bermain yang aman dan nyaman sebagai wahana tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, lanjut Titik,  guru harus memperhatikan tahap tumbuh kembang anak didik, kesesuaian dan keamanan alat dan sarana bermain, serta metode yang digunakan dengan mempertimbangkan waktu, tempat, serta teman bermain.

" Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mampu memberikan perubahan dari tidak mengerti menjadi mengerti sehingga pribadi seseorang menjadi lebih bernilai dan bermanfaat bagi masyarakat," tuturnya.

Penyerahan bantuan alat peraga pengajaran kepada TK Islam Perkasa dan TK Aisysah Bustanul Afthal 17, Sawangan, Depok
Dalam pelatihan tersebut juga diberikan materi tentang grooming oleh Dr. Dra. Iis Mariam, M.Si dan materi beauty class oleh tim Mustika Ratu Kosmetik.
Anita Mawarni, guru TK Islam Perkasa mengatakan kepribadian menjadi bagian terpenting yang harus dimiliki guru ketika mengajar, termasuk berinteraksi dengan rekan sejawat baik di lingkungan sekolah maupun forum guru TK. 

Sedangkan Nurlela, guru TK Aisyah Bustanul Afthal 17 menyatakan sinergi antara personality dengan grooming sangat penting direpresentasikan guru sebagai ciri kepribadian seseorang yang baik dihadapan siswa, orang tua siswa dan masyarakat pada umumnya."Kegiatan ini dirasa sangat bermanfaat bagi para guru dan mereka antusias mengikutinya," ucap Nurlela.

Usai pelatihan Tim Pengabdian memberikan bantuan berupa alat peraga untuk TK Aisyiyah 17 dan TK Islam Perkasa, Sawangan, Depok.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar