PNJ Berdayakan Puluhan Kader Posyandu Kelurahan Pancoran Mas

Koordinator Pengabdian Masyarakat PNJ, Anik Tjandra Setiati saat memberikan sambutan pembukaan pelatihan perbaikan administrasi menggunakan spreadsheet kepada puluhan kader Posyandu Kelurahan Pancoran Mas di Aula Kantor Kelurahan Pancoran Mas, Depok, Sabtu (14/12/2019)

Pancoran Mas, Depok Terkini
Kontribusi posyandu dalam meningkatkan kesehatan bayi dan anak balita sangat besar. Untuk mendukung berbagai kegiatan posyandu tersebut, para dosen Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) program studi Telekomunikasi jurusan Teknik Elektro melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan perbaikan administrasi menggunakan spreadsheet kepada puluhan kader Posyandu Kelurahan Pancoran Mas di Aula Kantor Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Sabtu (14/12/2019).

Koordinator Pengabdian Masyarakat PNJ, Anik Tjandra Setiati mengatakan, pelatihan sistem administrasi posyandu sangat penting dikuasai oleh seorang kader untuk memudahkan pelaporan kegiatan posyandu secara online.

"Pelatihan diiikuti sebanyak 20 kader Posyandu Kelurahan Pancoran Mas. Mereka sangat antusias mengikuti pelatihan ini," kata Anik didampingi Benny Nixon.

Anik berharap dengan pelatihan administrasi Posyandu menggunakan aplikasi ini dapat membantu para kader Posyandu dalam mengisi data kegiatan administrasi Posyandu seperti data Balita, Ibu Hamil, Cacingan, dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Dari pelatihan ini, akan kita tindak lanjuti dengan melakukan monitoring dan evaluasi tiga bulan kedepan," tandas Anik.

Sementara itu, Sekertaris Kelurahan Pancoran Mas, Sabilal Rusdi menyambut baik dan mengaku gembira dengan adanya pemberdayaan kader Posyandu oleh PNJ."Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kader Posyandu untuk mengembangkan data dan memudahkan pelaporan kegiatan. Pelatihan ini membuat kader Posyandu semakin cerdas," ujar Sabilal.

Dia berharap kegiatan pelatihan seperti ini jangan hanya hari ini saja, tetapi bisa ditindaklanjuti untuk keberhasilan para kader Posyandu dalam mengaplikasikan hasil pelatihan," harap Sabilal.

Nita Yunita, salah satu kader Posyandu RW 14 mengatakan, pelatihan yang diberikan dosen PNJ sangat bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan."Selama ini laporan kegiatan Posyandu menggunakan cara manual. Dengan pelatihan ini dapat membantu pelaporan menjadi lebih cepat dan tidak menyita waktu," ucap Nita diamini Novi Akhiryanti kader dari RW 03, Kelurahan Pancoran Mas.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar