UKM Binaan Telkom Ikut Pameran Internasional Di Italia


Pancoran Mas, Depok Terkini
Telkom Indonesia mempromosikan UKM binaanya dalam Pameran Kerajinan Internasional di Milan Italia pada 30 Nopember hingga 8 Desember 2019.

Pameran Kerajinan terbesar di dunia ini merupakan ajang tahunan diikuti lebih dari 100 negara dengan jumlah kunjungan mencapai 2 juta orang.

Senior Manager Kemitraan PT Telkom sebagai Ketua Delegasi Romles Simanjuntak mengatakan, UKM yang diikut sertakan telah melewati proses pemilihan dan kurasi dalam ajang Telkom Craft Indonesia (TCI).


Menurutnya, kegiatan TCI yang diprogramkan setiap tahun menseleksi seluruh mitra binaan Telkom di Nusantara. UKM unggulan selanjutnya diikutsertakan dalam Pameran tingkat nasional hingga internasional.

"Delapan mitra binaan unggulan pemenang TCI kami berikan reward untuk ikut pameran di mancanegara. Di antaranya, 5 UKM ikut pameran tingkat Asia Tenggara di Malaysia, 2 UKM pameran Asia Pasifik di Korea Selatan dan 1 Juara Umum mengikuti pameran di tingkat dunia di Milan" papar Romles di sela-sela mendampingi UKM di Milan, Italia melalui pesan elektronik.

Romles menuturkan, produk UKM  pada ajang Pameran dunia berupa produk Kain Khas Tana Toraja merk Suke Clothing peraih Juara I pada ajang TCI.

"Sesuai misi kami mendorong UKM unggulan daerah menjadi juara di tingkat global. From local heroes to global champion," tuturnya.

Dia berharap keikutsertaan UKM unggulan Telkom pada ajang internasional ini dapat memotivasi pelaku UKM untuk meningkatkan kualitasnya. Sehingga, UKM lokal memiliki daya saing tidak hanya di tingkat nasional, tetapi di kancah global.


"Suke Clothing diharapkan menjadi inspirator bagi UKM-UKM lain di daerah agar berani bermimpi di kancah dunia," pungkas Romles.

Pemilik Suke Clothing, Yuris sangat bersyukur dan bangga menjadi bagian dalam pameran berskala dunia diikuti lebih dari 3000 peserta dari mancanegara. Ia merasa bangga produknya kebanggaan Tana Toraja bisa berdampingan dengan ribuan produk dari berbagai benua di Amerika, Asia, Afrika dan Australia.

"Saya bersyukur karena warisan leluhur Tana Toraja dapat dikenalkan di kancah internasional,"terangnya.

Yuris semakin terharu karena media sosial Suke Clothing dibanjiri ucapan bangga dari masyarakat Tana Toraja. Pasalnya,  warisan seni budaya Tana Toraja bisa dikenal di dunia internasional. "Ini pertama kali saya ke luar negeri. Telkom memfasilitasi seluruh akomodasi hingga uang saku pun diberikan,"tutupnya.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar