Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri Resmi Dibuka

Direktur Bidang Pembelajaran Kementerian Pendididkan dan Kebudayaan, Paristiyanti Nurwardani saat melaunching jalur SNMPN di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Senin (06/01/2020)

Beji, Depok Terkini
Sebanyak 42 Politeknik Negeri se-Indonesia resmi membuka jalur penerimaan mahasiswa baru, melalui Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) tahun 2020, bersamaan dengan launching jalur SNMPN 2020 di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Depok, Senin (06/01/2020).

Zainal Arief, selaku Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Se-Indonesia mengatakan, jalur SNMPN merupakan seleksi Jalur Undangan bagi calon siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Politeknik dan Politani Negeri di seluruh Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

“Selain prestasi akademik, prestasi lainnya yang non-akademik juga turut  menjadi bahan pertimbangan lolos tidaknya siswa tersebut,”katanya.

Direktur Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) Abdillah mengatakan, launching SNMPN bertujuan untuk menyampaikan kepada para kepala sekolah SMA dan SMK, bahwa Politeknik akan menerima mahasiswa baru dari siswa terbaik di SMA dan SMK yang sudah terdaftar mendapatkan Pin dari forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia."Sebetulnya sistem ini hampir sama dengan sistem  penerimaan SNMPTN yang ada di universitas," tutur Abdillah.


Sementara itu, Direktur Bidang Pembelajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani mengatakan, sejak tahun 2018 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terdahalu yaitu, M. Nasir sudah menyampaikan bahwa SBMPTN itu harus sudah dimulai untuk mengakomodir seluruh Politeknik di Indonesia.

Dari hasil diskusi dengan para Majelis Rektor, maka tahun 2020 kita berupaya keras atas saran dari seluruh Direktur Politeknik Se-Indonesia, agar bisa dilakukan SBMPTN bersama tahun 2020.

"Mohon doanya karena majelis rektor dan forum direktur politeknik sudah melakukan berbagai komunikasi dan kolaborasi, maka kita akan berupaya keras tahun ini dimulai SNMPTN untuk Perguruan Tinggi sudah termasuk politeknik," tandas Paristiyanti.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar