Tim Pengmas PNJ Berbagi Ilmu dan Motivasi Buat Warga Kampung Geulis

 

Bogor, Depokterkini.com

Dalam kondisi pandemi covid-19 ini, banyak masyarakat yang terdampak dan kehilangan pekerjaan atau mengalami pengurangan pendapatan. 

Menyikapi permasalahan tersebut. Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Program Studi Keuangan dan Perbankan Terapan, Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) merasa terpanggil untuk  berbagi ilmu dan motivasi kepada warga terdampak covid-19 di Kampung Geulis, Kecamatan Babakan Pasar, Kota Bogor, pada 7 Agustus 2021 lalu.

Dr Ida Nurhayati SH,MH selaku Ketua panitia pengabdian masyarakat. Kelompok dosen prodi Keuangan dan Perbankan, Jurusan Akuntansi PNJ, menjelaskan kelompok dosen tim pengmas memberikan pelatihan pembukuan sederhana kepada Ibu-ibu rumah tangga di Kampung Pulo Geulis yang memiliki usaha rumahan.

"Untuk menambah penghasilan, mereka menjual dan menawarkan produk melalui teknologi, seperti Wa, Instagram dan medsos lainnya. Namun pemahaman tentang  laporan keuangan masih minim, mereka belum melakukan pencatatan keuangan dengan benar," kata Ida Nurhayati didanpingi Dr. Tetty Rimenda, SE, MSi,  Dra. Elly Mirati MM, Rahmanita Vidyasari serta mahasiswa prodi Keuangan dan Perbankan. 

Untuk itu, lanjut Ida, kami tergerak untuk berbagi ilmu dengan memberikan pelatihan pembukuan sederhana menggunakan aplikasi dengan pemateri Ridwan Zulphi Agha, SE, MAk. 

Selain itu, warga juga diberikan pelatihan menjual  menggunakan media promosi digital agar produk yang mereka jual lebih dikenal orang." Media promosi yang dipilih adalah TikTok yang sedang digemari. TikTok dapat menimbulkan “Attention, Interest, Desire, Action”. Materi ini disampaikan oleh Verani Sabtia Vandiny," tuturnya 

Selanjutnya, pada Jumat (10/09/21) Tim Pengmas kembali mengunjungi warga Kampung Geulis, Kecamatan Babakan Pasar, Kota Bogor.

Kedatangan tim ini untuk menyerahkan website Kampung Pulo Geulis.com. Website ini berisi informasi tentang Kampung Pulo Geulis yang unik dan layak dikunjungi serta produk produk masyarakat kampung Pulo Geulis.

"Walaupun website ini belum sempurna, kami harapkan dapat dikelola dengan baik. Website ini juga dapat memberdayakan karang taruna untuk melakukan updating," ucapnya.

Dalam kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan tersebut juga diserahkan hadiah lomba pembuatan video TikTok, dan   bantuan sembako sebanyak 50 paket.

"Semoga apa yang kita berikan bermanfaat bagi masyarakat. Semoga Kampung Pulo Geulis -Kampung Keberagaman- semakin maju," tutupnya usai menyerahkan website di Kelenteng  Pan Kho Bio.

Hadir dalam kegiatan tersebut Lurah dan pengurus RT serta RW setempat.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar