UMKM Jadi Sasaran Pelatihan Perbengkelan Tim Pengmas PNJ

Beji, Depokterkini.com

Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) kelompok Dosen program studi Alat Berat jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) kembali mengadakan pelatihan perbengkelan kepada masyarakat.

Kali ini sasaran pelatihan adalah para pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di lingkungan kampus PNJ. Kegiatan bertemakan "Pelatihan Smart Bengkel Albert Sebagai Upaya Percontohan Bengkel Berbasis Digital Untuk UMKM.” dilaksanakan secara langsung diikuti 15 peserta dan dihadiri para dosen Jurusan Teknik Mesin secara virtual di Kampus PNJ, Kamis, (09/09/21)

Ketua Pelaksana, Iwan Susanto, Ph.D, mengatakan pelatihan ini bertujuan melatih para pelaku UMKM agar bisa memanfaatkan teknologi digital, terutama mempermudah managemen bengkel dalam hal pendaftaran perawatan hingga pemesanan suku cadang. Selain itu, lanjut Iwan, dengan adanya pelatihan ini bisa meningkatkan kesejahteraan UMKM bengkel perawatan kendaraan sepeda motor di wilayah kampus PNJ,  terlebih dalam suasana pandemi covid-19 seperti saat ini

“Kita melakukan proses pelayanan mulai dari order, pelayanan perbaikan sampai pemesanan produk suku cadang.” jelas Iwan Susanto.

Ditempat yang sama, Ketua jurusan Teknik Mesin PNJ, Muslimin, mengatakan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu komponen Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen. “Ini merupakan Link and Match antara akademisi dan masyarakat.” tuturnya.

Menurutnya, dengan memanfaatkan teknologi  digital, seperti aplikasi atau website akan mempermudah calon customer dalam melakukan order. Sehingga diharapkan mampu menginventarisir proses pendataan menjadi lebih tertata, dan meminimalisir ketidakberesan pendataan. 

Ia menjelaskan, Smart bengkel merupakan inkubator bisnis yang dikelola di bawah naungan Jurusan Teknik Mesin, dan sebagai contoh pemanfaatan teknologi digital dan inovasi dalam bidang marketing. Selain itu, hadirnya bengkel smart ini juga sebagai upaya memudahkan dosen maupun karyawan PNJ dalam melakukan perawatan atau perbaikan kendaraannya.

"Semoga hal serupa bisa dilakukan juga oleh UMKM yang mengelola bengkel kendaraan roda dua atau roda empat. Center of Automotive (COA) selaku inkubator bisnis sangat mendukung kegiatan pelatihan tersebut, karena bisa mempermudah proses administrasi bengkel bisa lebih efisien," tutupnya.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar