Wakil Walikota Sampaikan Tiga Strategi Cegah HIV/AIDS

 

Balaikota, Depokterkini

Memperingati Hari Aids sedunia, Pemerintah Kota Depok melakukan deklarasi kolaborasi Pentahelix dalam upaya mencegah dan mengakhiri HIV/AIDS di Kota Depok.

Deklarasi melibatkan Akademisi, pihak swasta/bisnis, komunitas, Pemerintah Kota Depok, dan media ditandai dengan penandatanganan bersama di Aula Teratai Balaikota Depok, Rabu (1/12/21).

Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono (IBH) mengatakan HIV/AIDS merupakan salah satu tantangan dalam dunia kesehatan termasuk di Kota Depok. Hingga September 2021 terdapat 1244 kasus HIV/AIDS di Kota Depok. 112 orang diantaranya meninggal dunia."Kita prihatin dengan data tersebut, karenanya diperlukan upaya optimal untuk menekan kasus HIV/AIDS di Kota Depok," ujar Imam.

Menurutnya, untuk menekan jumlah kasus HIV/AIDS bukan hal yang mudah dan bukan pa menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah semata. Karenanya dibutuhkan sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak menjadi sebuah keniscayaan.

Dikatakan, Hari Aids sedunia sejatinya menjadi momentum yang tepat bagi semua pihak untuk memberikan perhatian dan kontribusi nyata guna percepatan program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS melalui tiga strategi. Yaitu Zero infeksi baru, kedua zero kematian Aids, serta zero stigma dan diskriminasi."Jangan sampai kasus HIV/AIDS di Depok bertambah, paling tidak mengurangi infeksi karena kasus ini belum ada obatnya," tutur Imam.

Untuk itu, Imam berpesan untuk mengurangi kasus HIV/AIDS hindari pergaulan bebas."Jangan melakukan hubungan seks sembarangan agar tidak terjadi penularan Aids baru, baik yang berasal dari Depok maupun luar Depok," ucapnya.

Imam berharap dengan deklarasi kolaborasi pentahelix dapat bekerjasama dalam rangka pencegahan HIV/AIDS melalui tiga zero," pungkasnya.(wan) 



Posting Komentar

0 Komentar