Dinkes Berikan Panduan Isolasi Mandiri Dirumah. Apa Saja yang Boleh Dilakukan

Balaikota, Depokterkini.com

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengimbau Pasien Covid-19 tanpa gejala untuk menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah. Selama isolasi, pasien tetap diminta untuk memperhatikan sejumlah panduan kegiatan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Selama menjalani isoman di rumah ada kegiatan yang wajib, boleh dan tidak dilakukan,” tutur Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati, Rabu (09/02/22).

Mary menjelaskan, untuk kegiatan yang wajib dilakukan saat menjalani isolasi antara lain tetap berada di kamar dan dapat dihubungi melalui media komunikasi. Lalu, melakukan cuci tangan pakai sabun atau menggunakan hand sanitizer sesering mungkin, serta memakai masker dengan benar saat keluar kamar atau ruangan. 

"Kemudian, menjaga kebersihan kamar dan rutin disinfektan area kamar yang sering disentuh serta melaporkan kondisi kesehatan setiap hari kepada petugas pemantau Puskesmas melalui whatsapp," ujarnya.

Mary melanjutkan, untuk kegiatan yang boleh dilakukan selama isoman yaitu, membawa ponsel, laptop, camilan, maupun buku bacaan. Kemudian, melakukan komunikasi melalui ponsel dan melakukan aktivitas positif seperti beribadah, olahraga, membaca, atau menonton.

“Sedangkan kegiatan yang tidak boleh dilakukan di antaranya keluar kamar, menerima tamu, menggunakan barang sama dengan orang lain, melakukan aktivitas yang mengganggu orang lain, dan merokok,” tambahnya.

Dalam hal ini, ujar dia, selama menjalani isolasi, pasien diwajibkan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang seperti buah dan sayuran. Selain itu, cukup tidur atau istirahat.

"Lalu berolahraga, terpapar cukup sinar matahari dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS)," tandasnya. (wan)



Posting Komentar

0 Komentar