Kelurahan Pengasinan Fokus Penuntasan ODF

 

Sawangan, Depokterkini.com

Kelurahan Pengasinan fokus penuntasan masalah Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan dengan pembuatan Septictank individual.

Hal itu disampaikan Lurah Pengasinan, Asep Suherman terkait usulan Musrenbang 2022 realisisasi 2023 di ruang kerjanya pada Rabu (16/02/2022).

“Kami usulkan penuntasan  ODF karena di wilayah ini masih sekitar 200 warga yang belum memiliki Sepictank komunal  sehingga lingkungan wilayah ini menjadi lebih sehat,” ujarnya.

Dengan demikian, sambung Asep, untuk deklarasi stop buang air besar sembarangan dapat  terwujud  di Kelurahan Pengasinan.

Selain itu, dikatakannya,  adalah pencegahan stunting sangat diperlukan karena di Pengasinan terdapat 76 balita stunting namun saat ini masih divalidasi apakah secara ekonominya lemah, nantinya akan diberikan makanan sehat dan bergizi. 

“Program Kelurahan  Pengasinnan terkait dengan stunting akan membuat dapur gizi, kami juga koordinasi dengan pihak RT dan RW, termasuk Karang Taruna dan  dengan Puskesmas setempat,” katanya. 

Kedua usulan tersebut, ditambahkannya,  masuk dalam menu wajib sesuai dengan juknis dari Bappeda, sedangkan untuk menu pilihan yaitu usulan pembangunan di antaranya jalan linkungan dan drainase.

Jika dari anggaran kelurahan yang  diusulkan dalam Musrenbang  tak mencukupi, nantinya juga akan diusulkan melelui bantuan aspirasi dewan agar bisa direalisasikan.(dib)


Posting Komentar

0 Komentar