IBH Ajak Hidup Sederhana dan Berbagi di Bulan Ramadhan

 

Cimanggis, Depokterkini.com

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (IBH) mengajak umat Islam di Kota Depok untuk mengimplementasikan semangat Ramadan 1443 H dengan cara hidup sederhana dan berbagi kepada sesama. Terlebih, belakangan ini terdapat kenaikan harga di beberapa kebutuhan pokok.

Menurut IBH, dengan berpuasa menjadikan orang yang kaya semakin memahami besarnya nikmat Allah SWT kepadanya. Serta memunculkan sifat kasih sayang dan lemah lembut terhadap sesama khususnya orang yang berkekurangan.

"Dengan berpuasa, seseorang akan merasakan apa yang selama ini dirasakan oleh orang-orang miskin, fakir, yang hidupnya penuh kekurangan. Kita akan jadi lebih bersyukur atas nikmat yang didapat dan timbul rasa empati terhadap orang-orang yang kekurangan," tuturnya usai sidak harga kebutuhan pokok di Pasar Sukatani, Cimanggis, Depok, Jumat (01/04/22).

Lebih lanjut, IBH menuturkan, dari empati tersebut nantinya akan menimbulkan rasa saling membantu. Lalu, bagi yang berlebihan dapat memberikan kepada saudara, tetangga dan sesama yang kekurangan.

"Biasanya di bulan puasa banyak warga berlomba-lomba untuk memberikan takjil atau makanan untuk berbuka," ujarnya.

IBH menambahkan, pada bulan Ramadan umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak infaq dan sedekah. Ini harus diniatkan dan direncanakan dengan serius, sehingga dana yang ada harus disisihkan bukan dengan dana sisa.

"Mudah-mudahan kita menjadi terbiasa menyisihkan dana untuk infaq dan sedekah serta kewajiban mengeluarkan zakat," pungkasnya.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar