Pemkot Depok Dorong Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan

Bojongsari, Depokterkini.com

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial, Setda Kota Depok, Sri Utomo mengatakan, kebutuhan pangan untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang.

Hal itu dikatakannya mewakili Wali Kota Depok, Mohammad Idris saat memberikan sambutan Tim Rechecking Lomba Pemanfaatan Pekarangan Sebagai Sumber Karbohidrat Tingkat Provinsi Jawa Barat  tahun 2022 di RW 02, Kelurahan Duren Seribu, Kecamataan Bojongsari, Kota Depok.

Dikatakan lebih lanjut, Pemkot Depok mendorong masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami.

“Tadi ada panen jagung yang ditanam warga  di lingkungan RW 02 Kelurahan Duren Seribu. Mudah-mudahan dengan memanfaatkan lahan pekarangan dapat ranking 1 tingkat Provinsi Jawa Barat,” ujarnya pada Selasa, (05/07/2022).

Hadir dalam acara tersebut, Tim Penilai Provinsi  Jawa Barat, Dwi Kurnia Sari, Ketua PKK Kota Depok, Elly Farida,  Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3), Widyati Riyandani, Camat Bojongsari, Mursalim, dan para lurah se-Kecamatan Bojongsari.

Dwi Kurnia Sari menuturkan, tujuan diselenggarakannya lomba ini, pertama untuk jangka pendek yaitu selain untuk memenuhi kebutuhan pangan gizi keluarga dan masyarakat juga meningkatkan kemampuan keluarga dan masyarakat dalam memanfaatkan lahan pekarangan mengembangkan sumber bibit dan kegiatan ekonomi produktif keluarga serta menciptakan lingkungan hijau, bersih dan sehat secara mandiri.

Kedua, dikatakan lebih lanjut,  untuk jangka panjang yaitu menciptakan kemandirian pangan keluarga diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal pelestarian tanaman pangan untuk masa depan serta peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

“Selain daripada itu jagung dipilih karena manfaatnya yaitu antara lain memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dapat dimakan langsung maupun sebagai makanan olahan dan  mudah dibudidayakan,” pungkasnya..(dib)

Posting Komentar

0 Komentar