Tim Pengmas PNJ Bantu Pengembangan Website Produk UMKM Anggota Iwapi

 

Sawangan, Depokterkini.com

Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) membantu pengembangan website sekaligus sebagai marketplace  produk UMKM anggota Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Kota Depok.

Kegiatan Pengmas tersebut diikuti sebanyak 30 anggota UMKM Iwapi Kota Depok bertempat di Aula Kantor RW Perumahan Sawangan Permai, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, pada Rabu (03/08/22).
Proses pengembangan website iwapids.com dilakukan oleh dosen dan mahasiswa PNJ dengan menambah jumlah produk UMKM yang akan dipasarkan melalui website/marketplace. 

Menurut Darna SE., M.Si. selaku Ketua Program Pengabdian Masyarakat PNJ. Kegiatan ini merupakan salah satu dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang harus dilakukan oleh setiap dosen di perguruan tinggi.

"Dalam program pengabdian ini kita bantu memasarkan UMKM Iwapi Depok melalui website. Iwapi kota Depok merupakan mitra PNJ," kata Darna.

Lebih lanjut Darna menjelaskan, kegiatan Pengmas kali ini meliputi pemotretan produk UMKM anggota Iwapi Depok oleh tim pengabdi PNJ dibantu mahasiswa.

Fatimah S.E, M.M. selaku  Wakil Ketua Program Pengabdian Masyarakat PNJ menambahkan, produk UMKM anggota Iwapi Depok yang akan dipasarkan melalui website iwapids.com terdiri dari beberapa jenis produk seperti aneka kue kering, kue basah dan frozen serta jasa hias hantaran  perkawinan.

"Walaupun beberapa produk telah dipasarkan lewat Toko Pedia atau Shopee tetapi mereka tetap ikut serta memasarkan produknya pada iwapids.com sebagai website dan sekaligus marketplace milik Iwapi kota Depok," terang Fatimah

Menurutnya, pembuatan website iwapids.com merupakan salah satu usaha yang dilakukan untuk membantu memasarkan produk UMKM yang tergabung dalam iwapi kota Depok.

"Dengan kerja keras dan rajin memperkenalkan Iwapids.com pada semua pihak, diharapkan makin banyak orang yang berkunjung ke Iwapids.com sehingga produk UMKM Depok makin dikenal tidak hanya oleh masyarakat Depok tapi nasional bahkan bisa mendunia," harapnya.

Sementara itu, perwakilan Iwapi Kota Depok, Lejar Tri Anita mengatakan, anggota Iwapi pelaku UMKM yang hadir dalam kegiatan ini berasal dari  Iwapi Ranting Cilodong dan Sawangan. Pemotretan produk UMKM anggota Iwapi  harus dilakukan agar para pelaku usaha dapat memvisualisasikan atau memajang produknya dalam website yang sudah disiapkan oleh tim pengabdi PNJ," terangnya.

Untuk dapat mengikuti kegiatan pemotretan ini, tambah Anita, para pelaku UMKM harus terlebih dahulu mengisi formulir berisi tentang produk yang akan dipasarkan pada website iwapids.com.

 "Mereka harus mengisi nama produk UKM-nya dan komposisi produk yang akan dipasarkan. Mereka juga sangat
antusias mengikuti kegiatan dari Tim pengabdian masyarakat PNJ. Kami berharap dengan menampilkan produk-produk UMKM di website iwapids.com dapat meningkatkan pemesanan dan sekaligus penjualan produk-produk yang dihasilkan pelaku UMKM," harap Tri Anita yang juga sebagai Ketua Ranting Iwapi Sawangan didampingi Ketua Ranting Iwapi Cilodong, Reni Pamela.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar