Tim Pengabdian PNJ Berikan Pelatihan Pelaku UMKM dan Aparatur Kelurahan Ciluar

 

Bogor, Depokterkini.com

Dalam upaya peningkatan kualitas UMKM dan pelayanan publik, Tim Pengabdian Penerapan IPTEK Berbasis Kelompok Bidang Keahlian (KBK)Program Studi Administrasi Bisnis Terapan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) memberikan pelatihan  kepada aparatur kelurahan dan pelaku UMKM di Kelurahan Ciluar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, pada Kamis (25/08/22). 

Kegiatan Pengabdian Masyarakat melibatkan sejumlah dosen dan mahasiswa mengambil tema “Penerapan Transformasi Digital: Implementasi E-Marketing Sektor UMKM dan Pelayanan Berbasis E-Kelurahan di Kelurahan Ciluar -  Kota Bogor” 

Kegiatan yang diselenggarakan secara Hybrid menghadirkan pemateri dosen Administrasi Bisnis Terapan, Yanita Ella Chandra, S.A.B., M.Si dan Ketua Program Studi Administrasi Bisnis Terapan, Husnil Barry, S.E., M.S.M. 

Yanita Ella Chandra dalam kesempatan tersebut mengatakan pengabdian kepada masyarakat sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian Masyarakat termasuk salah satu agenda penting yang rutin dilakukan para dosen dan mahasiswa PNJ sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat.

Nantinya, kata Yanita, hasil dari pengabdian ini hanya sebagai saran dan laporan kepada kelurahan dan UMKM sehingga hilirisasi hasil penelitian ini sangat penting untuk diaplikasikan. 

Dalam materinya Yanita  memaparkan, ada beberapa poin penting mengenai pelayanan publik digital, yaitu :

Pertama, latar belakang dan urgensi digital transformation pada aspek kehidupan masyarakat tidak terkecuali pada aktivitas pelayanan publik. Kedua, gambaran mengenai konsep e-government dan jenis-jenis pelayanan publik berbasis tekonologi informasi dan komunikasi. Ketiga saran terkait implementasi e-government untuk mendukung UMKM dalam mengurus legalitas usaha.

Sedangkan Husnil Barry, S.E., M.S.M dalam materinya menjelaskan pentingnya mengetahui target pasar untuk memaksimalkan penjualan serta diberikan beberapa contoh aplikasi pemasaran digital lewat social media.  

Tim PNJ juga menghadirkan secara online,  Pritha selaku owner & CEO Rumahrasa.co, Rasa Burgerku, Rasa Kaosku, Dulu2an. 

Pritha menjelaskan tentang kiat promosi pada bisnis digital. 

Peserta UMKM yang terdiri dari 6 jenis usaha menyampaikan beberapa kendala dalam proses pemasaran digital. Seperti kurangnya pemahaman mengenai penguasaan aplikasi dan teknik dalam pembuatan konten.

Untuk itu, tim PNJ memberikan pelayanan dan solusi kepada tiap-tiap UMKM, salah satunya dengan mengajarkan cara menggunakan aplikasi dan memanfaatkan fitur Tiktok Shop.

“Sering-sering kami diberikan materi dan juga mampir ke tempat usaha kami, supaya kami juga bisa mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan dan wawasan yang berguna” ujar Ponco Nolo, salah satu pelaku usaha UMKM.

Hal yang sama juga dikatakan Risa Utami pelaku UMKM dari Kecamatan Cisarua.

“Kami para pelaku UMKM sangat berterima kasih dengan kehadiran para pemateri, dosen Prodi ABT Jurusan AN PNJ. Pelatihan ini memberikan semangat sekaligus motivasi untuk teman-teman UMKM untuk mengembangkan usahanya agar lebih maju lagi,” ungkapnya.

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Ciluar, Budi mengatakan, UMKM Kelurahan Ciluar memiliki potensi untuk berkembang dan bersaing dipasar. Hal ini dikarenakan karakteristik UMKM yang unik seperti produk sepatu dari limbah, sari kurma, dan ikan hias ekspor.

" Pelatihan digitalisasi UMKM ini sangat membantu membuka pandangan terhadap penggunaan E-Marketing yang sebelumnya dianggap sulit," tutupnya.(wan)





Posting Komentar

0 Komentar