UMKM di Pondok Petir Dapat Pelatihan Keamanan Pangan

Bojongsari, Depokterkini.com

Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok diberikan pelatihan keamanan pangan di aula kelurahan setempat.

Menurut Roni, Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) tujuan dilakukan pelatihan keamanan pangan agar peserta mengenal atau mengetahui bagaimana  olahan makanan itu aman dari  bahan kimia dan zat pewarna.

Kemudian, lanjut Roni makanan tersebut aman dikonsumsi karena ini sangat penting untuk diketahui terutama bagi  pengusaha pengusaha makanan supaya  tidak menggunakan bahan-bahan yang membahayakan kesehatan. 

Pelatihan ini, sambungnya, diikuti pelaku UMKM, warga setempat, termasuk RT dan RW jumlahnya 25 orang. Dalam pelatihan ini, tambahnya, menghadirkan narasumber Erni Rahman yang juga penggiat UMKM dan dari Dinas Kesehatan Kota Depok.

Dengan pelatihan diharapkan, mereka lebih mengetahui, kemudian ilmu yang  didapat bisa diterapkan atau diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. “Semoga UMKM lebih maju,” ujar Roni, yang juga pelaksana kegiatan di sela-sela acara pelatihan keamanan pangan di aula kelurahan setempat pada Selasa (02/07/2022).

Di tempat yang sama, Lurah Pondok Petir, Suhendar menuturkan, terkait dengan pelatihan keamanan pangan yang dilaksanakan di Kelurahan Pondok Petir Tahun anggaran 2022 selaras dengan Kota Depok.

Pondok Petir, dikatakannya,  sebagai Kampung Seribu UMKM akan melaksanakan kegiatan ini secara rutin dalam rangka membekali para pelaku UMKM dalam memproduksi makanan olahan maupun minuman, ini harus memenuhi standar keamanan pangan yang artinya aman dikonsumsi, ramah lingkungan sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur).

 “(Dalam pelatihan dibahas) mulai dari kaitan masalah perizinan sampai dengan tata kelola dalam proses produksi makanan yang higienis yang seimbang isinya juga aman dikonsumsi sehingga masyarakat yang membeli produk-produk UMKM ini merasa aman,” pungkas Suhendar usai membuka pelatihan keamanan pangan.(dib)

Posting Komentar

0 Komentar