Tim Pengmas PNJ Bantu Bangkitkan Pemasaran Pengrajin Keramik di Desa Anjun Plered

 

Purwakarta, Depokterkini.com

Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) jurusan Akuntansi membantu membangkitkan penjualan kepada para pengrajin keramik di Desa Anjun, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada 23 Agustus 2022.

Desa Anjun Plered dikenal sebagai desa sentra keramik secara turun temurun. Hasil produksinya pun selain dijual di toko-toko juga diekspor ke mancanegara. 

Di sepanjang jalan desa Anjun, terlihat deretan toko-toko yang memajang gerabah, pot dan berbagai benda fungsional lainnya yang terbuat dari tanah liat.

Namun sejak adanya pandemi, penjualan keramik menurun drastis bahkan banyak toko terpaksa ditutup. 

Melihat permasalahan tersebut, tim pengmas PNJ berbasis KBK Pemasaran yang diketuai Dr. Tetty Rimenda, SE,MSI bersama anggota Agus Buntoro, SE,MM, Innas Rovino <Shut,MM dan Dr R.Elly Mirati, SE, MM melakukan kunjungan ke desa tersebut dan memberikan solusi kepada para pengrajin keramik."Para pengerajin dan pemilik toko mengeluhkan kondisi dimana toko mereka jarang dikunjungi konsumen, mungkin karena toko mereka kurang “eye catching", kata Tetty.

Selain itu, lanjut Tetty,  mereka juga belum memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) karena kurang paham bagaimana mendaftarkannya.

Padahal mengurus NIB dapat dilakukan secara online. Pemohon tinggal mendaftar di OSS (Online Single Submission) lalu memenuhi semua persyaratan yang ada.

Untuk itu, tim pengmas memutuskan 3 program, yaitu :

Pertama, membuat papan nama toko yang berada dipinggir jalan dan letaknya berdekatan. Toko juga harus milik sendiri, dan menjual produk asli Plered. "Tujuannya agar toko ini lebih menarik dan eye catching, sehingga lebih menarik untuk dikunjungi oleh konsumen," ungkap Tetty seraya menambahkan 

Ada 4 toko yang dibuatkan papan nama yaitu Bibilintik, Hana Saluyu Keramik dan Cupumanik. 

Kedua, dilakukan full strategy marketing, dengan cara membuat video di TikTok." aplikasi Tik Tok saat ini menjadi media promosi yang sangat disukai oleh konsumen. Tiktok yang dibuat dapat diakses di http://www.tiktok.com/@pengmaskbk_bkt." Terangnya.

Terakhir yang ketiga, mendaftarkan NIB(Nomor Induk Berusaha) melalui OSS. Pendaftaran dibantu Kepala UPTN, Mumum Maemunah SE, bekerjasama dengan Ketua Koperasi Citra Keramik 99 yang membantu tim pengabdian masyarakat untuk mensosialisasikan manfaat dari pendaftaran NIB.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar