Masuk Nominasi 50 Desa Wisata ADWI 2022. Ini Kata Penggerak Desa Wisata Umauta

 

Foto : istimewa

NTT, Depokterkini.com

Desa Umauta di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Penggerak Desa Wisata Umauta, Cletus Beru mengaku bangga dan senang dengan kehadiran pejabat Kemenparekraf di desanya. Namun, kata dia, warga Desa Umauta masih belum sepenuhnya siap untuk jadi desa wisata karena belum memiliki jaringan internet. Untuk mendapatkan sinyal mereka terpaksa mencari tempat yang lebih tinggi. Jika keperluan mendesak warga harus rela naik di atas pohon yang berada di sekitar rumah. 

"Dulu Pak Deputi, waktu kami mau kirim dokumen untuk ADWI itu kami harus naik pohon cengki untuk kirim data ke Jakarta," ujarnya.

"Bagaimana kita mau promosikan desa ini kalau sinyal tida ada. Oleh karena itu tadi saya minta Pak Kadis Pariwisata Kabupaten Sikka tolong beritahu ke kami koordinatnya," pinta Cletus Beru.

Desa Umauta memiliki daya tarik utama yaitu Sanggar Seni Budaya Doka Tawa Tana. Sanggar tersebut menaungi para perajin mengikat motif pada benang. Aktivitas mereka membuat kain sarung untuk keperluan sehari-hari dan dijual. 

Selain itu, Desa Wisata Umauta juga memiliki topografi berupa perbukitan, sehingga alam bebas dan terbuka merupakan daya tarik yang dimiliki desa ini.  Desa Wisata Umauta juga memiliki hasil bumi beragam, seperti Cengkeh, Kemiri, Kakao, Pisang, Kelapa, Fanili, dan Pala.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar