Dirjen Bina Pemdes Terima Audiensi Mahasiswa Unpad

 

Jakarta, Depokterkini.com

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Eko Prasetyanto Purnomo Putro menerima audiensi mahasiswa FISIP Universitas Padjajaran, di Kantor Ditjen Bina Pemdes, Jakarta, Rabu (23/11/2022) 

Menurut Eko, mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa dan menjadi garda terdepan dalam memajukan desa. Di tangan para mahasiswa ke depan bisa berbuat banyak untuk kemajuan bangsa."Pada hari ini kita bersyukur bisa menerima kunjungan mahasiswa, khususnya dari FISIP Program D-IV Ilmu Administrasi Pemerintahan Unpad, kita bisa saling memberikan informasi menyangkut tentang penyelenggaraan pemerintahan desa," ujar Eko.

Ia berharap materi tentang penyelenggaraan pemerintahan desa bisa menjadi dasar untuk mahasiswa memahami tentang persoalan dan potensi desa di Indonesia. 

Eko menjelaskan sesuai Permendagri No.13 Tahun 2021 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemendagri, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan pemerintahan desa sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Lebih lanjut Eko menjelaskan tentang bagaimana penyelenggaraan pemerintahan dan kewenangan desa, keuangan desa, aset desa, penataan desa, hingga pendapatan desa.

"Banyak hal yang kita berikan, semoga adik-adik ini berminat menekuni memahami persoalan potensi-potensi desa di indonesia karena merekalah sebenarnya penerus bangsa ke depan," tutur Eko.

Dikatakan Eko, desa merupakan tempat penghidupan dan kehidupan. Keberlanjutan dalam proses penyelenggaraan pemerintahan desa ke depan akan diisi oleh generasi muda, oleh karenanya, peran generasi muda sangat penting untuk proses pembangunan Indonesia khususnya dari desa. "Dalam UU No 6 2014 Tentang Desa Pasal 3 mengenai keberlanjutan ini hal sangat penting dipahamkan ke generasi muda, bagaimana memajukan desa di Indonesia. Saya yakin kalau desa ini maju bangsa kita akan maju, karena desa menjadi pondasi kemajuan bangsa," pungkasnya

Eko juga menyampaikab Ditjen Bina Pemdes siap berkolaborasi dengan Unpad terkait berbagai hal mengenai desa. Ditjen Bina Pemdes juga telah melakukan kerjasama dengan Unpad.

Turut hadir dalam audiensi tersebut Kabag Perundang-Undangan Ditjen Bina Pemdes Indah Ariyani, Kasubdit Fasilitasi Penataan Kewenangan Desa Ayu Firman, dan Kasubdit Fasilitasi Pengelolaan Aset Desa Sugeng Gunawan.(wan)



Posting Komentar

0 Komentar