Dosen dan Mahasiswa PNJ Berikan Pelatihan dan Pemasangan PLTS Hidroponik

 

Sawangan, Depokterkini.com

Tim Dosen dan Mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Bidang Keahlian Sistem Tanag Listrik Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kebun Hidroponik, RW 08, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Depok, pada Minggu (06/11/22).

Kegiatan bertemakan Penerapan PLTS pada kebun hidroponik ini diikuti puluhan warga dan pengurus RW setempat. 

Ketua tim pengmas KBK Sistem Tenaga Listrik Jurusan Teknik Elektro PNJ, Indra Z. menjelaskan, dalam kegiatan tersebut telah dipasang sistem PLTS yang digunakan sebagai sumber utama pompa air arus searah sebagai sistem pengairan di kebun hidroponik OGP Farm yang menerapkan kombinasi sistem deep flow technique (DFT) dan nutrient film technique (NFT). 

Sistem PLTS terdiri dari panel surya 400 Wp dan baterai 100Ah.

"Kita pilih penggunaan panel surya dengan harapan dapat mengurangi tagihan listrik bulanan sehingga dapat menurunkan harga produksi sayur. Masyarakat sekitar pun dapat dengan mudah menikmati segarnya sayur hidroponik hasil panen OGP Farm," jelas Indra.

Menurutnya, listrik yang dihasilkan dari panel surya akan digunakan untuk menggerakkan pompa air arus searah (DC) yang akan menghasilkan sirkulasi air  dari bak penampungan air yang bernutrisi dan mengalir ke akar-akar tanaman yang berada dijalur air pipa.

"Sistem ini digunakan untuk bibit tanaman seperti kangkung, selada, pakcoy, kailan, selada serta sayuran hijau lainnya," paparnya.

Indra berharap, sistem PLTS bisa menjadi jalan pembuka wawasan kelompok tani dan warga terkait pemanfaatan teknologi energi baru dan terbarukan pada sistem hidroponik.

" Semoga sistem ini dapat dijaga sehingga dapat dirasakan manfaatnya untuk jangka panjang," tutup Indra.(wan)

 


Posting Komentar

0 Komentar