Kang Emil dan Kiai Idris Resmikan Underpass Dewi Sartika

Pancoranmas,Depokterkini.com

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil didampingi Walikota Depok, Mohammad Idris meresmikan Underpass Dewi Sartika yang telah rampung pembangunannya, Selasa (17/01/23).

Underpass sepanjang 970 meter menghubungkan Jalan Dewi Sartika, Jalan Kartini dan Jalan Margonda tersebut, kini sudah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Depok.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengucapkan terima kasih kepada Kang Emil sapaan Ridwan Kamil atas selesainya pembangunan underpass yang merupakan hasil kolaborasi Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.

"Kami semua warga Depok mengucapkan ribuan terima kasih kepada Pak Gubernur, hatur nuhun Kang Emil," ujar Idris.

Idris mengatakan, selesainya pembangunan underpass merupakan bukti kerja kolaborasi antara Pemkot Depok dan Pemprov Jabar. Dimana, pembelian lahan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok dan kontruksi pembangunan dilakukan Pemprov Jabar.

"Ini sebuah bukti kerja-kerja kolaborasi tidak ada paling dominan, walaupun disebut Depok dengan APBD pembelian lahan sampai Rp 198 miliar dan tentu konstruksi membutuhkan Rp 100-an miliar dari provinsi, tapi seluruh elemen di Kota Depok dan provinsi ikut serta membangun Underpass Dewi Sartika," ujar Kiai Idris sapaan akrabnya.

Idris berharap, ke depan akan banyak lagi bantuan yang diberikan provinsi untuk Kota Depok, tentu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"InsyaAllah hari ini Dewi Sartika, ke depan banyak bantuan lagi dari Gubernur," ucapnya.

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil meminta seluruh masyarakat Kota Depok untuk menjaga kebersihan dan ketertiban Underpass Dewi Sartika yang baru saja diresmikan

Terlebih, dinding-dinding underpass proyek kolaborasi Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) ini dihiasi dengan corak ornamen Jabar dan terdapat gambar Pahlawan Dewi Sartika.

"Titip untuk warga sekitar Dewi Sartika, hormati nama jalannya ya, beliau ini nama pahlawan perempuan yang hebat, mengorbankan harta bendanya demi pendidikan, perempuan zaman kolonial itulah Dewi Sartika. Maka hormati dengan menjaga kebersihan dan ketertiban," ujar Kang Emil, 

Kang Emil juga melarang warga yang tidak berkendara untuk beraktivitas di area dalam underpass. Karena akan membahayakan pengguna jalan.

"Jangan ada yang nongkrong-nongkrong di jalan nanti ditabrak. Ini juga jadi percontohan underpass-nya tidak bikin takut karena dibikin menarik, estetik, dan lain sebagainya," ucapnya.

Menurut Kang Emil, dengan hadirnya underpass diharapkan aktivitas kendaraan semakin lancar. Pasalnya, sebelum ada underpass, kemacetan panjang terjadi akibat menunggu antrean Kereta Rangkaian Listrik (KRL) melintas.

"Kalau lancar, rezekinya lancar, sehingga warga Depok naik kebahagiaannya karena perekonomiannya lebih maju," pungkas.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar